Jemaah Haji Indonesia Berhasil Jalani Operasi Jantung di RS Madinah

  • Share

MADINAH, iNews.id – Seorang jemaah haji asal Indonesia berhasil menjalani operasi jantung terbuka di Rumah Sakit Pusat Jantung Madinah, Arab Saudi. Dia sudah diperblehkan keluar dari rumah sakit.

Jemaah yang tak disebutkan idenditasnya itu sekaligus menjadi pasien pertama yang menjalani operasi jantung terbuka di rumah sakit tersebut selama musim haji 2024

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, jemaah pria sudah pulih dan akan melanjutkan ibadah hajinya.

Klaster Kesehatan Madinah menyatakan, pria berusia 60 tahunan itu awalnya mengeluhkan nyeri di dada. Dia lalu dilarikan ke unit gawat darurat RS Pusat Jantung Madinah. Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, dokter memastikan sang pasien mengalami serangan jantung. 

Tim medis memutuskan untuk melakukan kateterisasi diagnostik yang hasilnya menunjukkan ada penyumbatan darah yang parah di ketiga arteri koroner.

Selanjutnya, tim medis melakukan operasi jantung terbuka dan mencangkok arteri baru yang diambil dari arteri dada pasien serta pembuluh vena yang diambil dari kaki melalui endoskopi.

Setelah operasi, pasien dipindah ke ICU untuk pemulihan. Kemudian begitu kondisi krisisnya lewat, pasien dipindah ke ruang rawat inap dan rehabilitasi sampai diperbolehkan keluar.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *