Jelang Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions, Jude Bellingham Desak Adanya Upaya Lebih untuk Atasi Rasisme

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham, kembali menyerukan soal memerangi rasisme yang terus terjadi di olahraga, terutama di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Ia menyampaikan itu menjelang laga leg kedua perempat final Liga Champions pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis mulai 02.00 WIB, 18 April 2024.

Ia mendesak agar ada upaya lebih untuk mengatasi rasisme yang semakin meningkat di olahraga Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Menurut dia, hingga saat ini belum ada keseriusan di kompetisi tertinggi Spanyol.

Rekan setimnya, Vinicius Junior selama ini paling kerap menjadi sasaraan pelecehan rasis. Akan tetapi, tindakan untuk mengatasinya, menurut Bellingham, belum terasa ada keseriusan. 

“Dalam pertandingan-pertandingan, di LaLiga khususnya, Anda terbiasa dengan hal itu sehingga saya tidak menyadari insiden itu, yang itu adalah masalah besar,” kata Bellingham saat berbicara kepada awak media menjelang leg kedua perempat final Liga Champions menghadapi Manchester City di Etihad pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis dinihari WIB, 18 April 2024.

“Ini adalah cara yang buruk bagi seorang pemain untuk mempersiapkan pertandingan dengan mengetahui bahwa ia kemungkinan besar akan menerima pelecehan rasial. Itu menjijikkan. Itu tidak boleh terjadi.”

Pemain Inggris berusia 20 tahun ini mendesak kepada orang-orang yang bertanggung jawab untuk ambil kendali, meski meragukan hal itu bisa dilakukan. 

Vinicius Jr kembali menjadi sasaran pelecehan ketika media Spanyol melaporkan bahwa penggemar Barcelona meneriakkan nyanyian menentangnya menjelang pertandingan Liga Champions melawan Paris Saint-Germain pada Rabu dinihari WIB. 

Iklan

Tercatat, LaLiga melaporkan kepada jaksa, ada 10 insiden serupa dialami pemain Brasil berusia 23 tahun itu pada musim lalu. 

Terbaru, Mallorca sedang melakukan penyelidikan setelah seorang penggemar tampaknya melakukan tindakan rasis terhadap gelandang Real Madrid Aurelien Tchouameni selama pertandingan liga kedua tim pada Sabtu lalu. 

Bellingham mengingatkan bahwa akan ada kerinduan kepada pemain seperti Vinicius jika dia akhirnya memutuskan berhenti. “Lebih banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendukung para pemain.”

REUTERS

Pilihan Editor: Prediksi Manchester City vs Real Madrid di Leg 2 Perempat Final Liga Champions Malam Ini

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *