banner 728x250

Jay Idzes Terpilih Pemain Terbaik Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Profilnya

  • Share
banner 468x60

TEMPO.CO, Jakarta – Bek Timnas Indonesia Jay Idzes terpilih sebagai pemain terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk matchday bulan Maret berdasarkan hasil voting di situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Voting ini yang melibatkan para penggemar ini berlangsung hingga Ahad, 31 Maret 2024 pukul 17.00.

Example 300x600

Penilaian tersebut mengacu pada matchday ketiga dan keempat. Hasilnya, Jay Idzes menduduki posisi teratas dengan raihan 50 persen suara diikuti Mousa Al-Taamari (Yordania, 20 persen), Omar Khrbin (Suriah, 14 persen), Sharif Muhammad (Afghanistan, 9 persen), dan Oday Dabbagh (Palestina, 6 persen).

Jay Idzes sendiri berhasil tampil apik kala membela skuat Garuda dalam dua laga menghadapi Vietnam. Pada laga kedua di kandang Vietnam, pemain asal klub Venezia itu bahkan sukses menyarangkan satu gol dengan memanfaatkan tendangan pojok Thom Haye.

Profil Jay Idzes

Jay Noah Idzes atau Jay Idzes adalah pemain sepak bola berkewarganegaraan Indonesia yang lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Bermain di posisi bek tengah, Idzes kini bermain untuk klub Serie B Italia, Venezia.

Jay resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Kamis, 28 Desember 2023. Dia memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Dia pertama kali diperkenalkan sebagai calon pemain naturalisasi pada 6 September 2023 oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Setelah itu, Idzes menjalani berbagai proses administrasi supaya bisa membela timnas Indonesia.

Pemain Timnas Indonesia berusia 23 tahun tersebut sebenarnya sempat diincar timnas Belanda. Tetapi, dia memilih untuk membela timnas Indonesia yang membuatnya berpeluang lebih banyak dimainkan pada pertandingan level negara.

Iklan

Idzes telah bermain sepak bola sejak berusia 7 tahun. Kariernya di lapangan hijau dimulai ketika ia bermain untuk klub amatir SC Brabant di Mierlo. Di sana, ia bermain selama 1,5 tahun, sebelum akhirnya dua tahun kemudian dilirik pencari bakat dari PSV Eindhoven.

Di akademi PSV, Idzes berlatih selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Di klub tersebut, Idzes bertahan selama dua tahun. Dia kemudian pindah ke FC Eindhoven dan bermain di tim akademi juniornya.

Setelah dua tahun di tim junior, Idzes mulai dibutuhkan oleh tim inti Eindhoven. Dia pun memulai debutnya bersama tim senior FC Eindhoven pada 2018. Dua tahun bermain di Eindhoven, Idzes berhasil mencatatkan total 57 penampilan di semua kompetisi.

Pada 2020, dia pindah ke klub Go Ahead Eagles dan bermain untuk klub itu hingga awal musim 2023. Lalu, pada 1 Juli 2023, Idzes pindah ke klub strata kedua Italia, Venezia, dengan ikatan kontrak selama empat tahun.

HATTA MUARABAGJA  | RADEN PUTRI | RANDY FAUZI FEBRIANSYAH

Pilihan Editor: Timnas Indonesia Hajar Vietnam 3-0, Shin Tae-yong Puas Akhiri Rekor Buruk 20 Tahun di Hanoi

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *