Jadwal Semifinal Piala AFF U-16 2024: Timnas U-16 Indonesia Hadapi Australia Senin Malam Ini

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Australia pada babak semifinal Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN U-16 Boys Championship. Kedua tim dijadwalkan bertanding di Stadion Manahan, Solo, Senin, 1 Juli 2024, mulai pukul 19.30 WIB. 

Partai semifinal lain, Vietnam vs Thailand akan berlangsung pada hari yang sama, dengan jadwal kick-off lebih awal, 15.00 WIB.

Timnas U-16 Indonesia lolos sebagai juara grup A, dengan mengumpulkan tiga kemenangan dan koleksi gol 12-1. Sedangkan Australia menjadi juara Grup C dengan dua kemenangan dan satu hasil seri serta koleksi gol 14-0.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, mengatakan para pemainnya sudah siap tempur melawan Australia. “Saya lihat kondisi pemain saat ini sangat baik untuk pertandingan besok,” ujarnya dia, Ahad, 30 Juni 2024. 

Nova menilai laga melawan Australia akan menambah pengalaman para pemain Timnas U-16 Indonesia yang juga sedang dipersiapkan untuk kualifikasi AFC. Ia memastikan para pemainnya tak dibebani target di turnamen ini. 

Dia hanya berharap anak-anak asuhannya dapat kembali menikmati permainan dengan tenang di laga itu. Dia juga berharap para pemain dapat bermain dengan lebih enjoy dan tenang. 

“Saya bilang kepada pemain harus lebih fokus, lebih enjoy, dan tenang di pertandingan agar apa yang sebenarnya mereka miliki bisa dimaksimalkan di pertandingan besok (Senin),” kata dia. 

Nova mengatakan sudah menganalisis lawan lewat tayangan video. “Setelah melihat analisa video dari pemain Australia, fokus kami adalah bagaimana nantinya kami akan menyerang, bagaimana nanti akan bertahan saat pertandingan,” katanya. 

Nova mengantisipasi kualitas permainan lawan yang ditunjang dengan postur tubuh tinggi dan fisik yang juga bagus.  “Dari postur dan cara bermain mereka cukup baik dan itu yang akan kami antisipasi. Bagaimana mengantisipasi pergerakan mereka, antisipasi untuk bola-bola atas dari Australia,” kata dia.

Iklan

Laga Timnas U-16 Indonesia vs Australia akan disiarkan langsung Indosiar. Live streaming-nya juga bisa disimak lewat platform Vidio.

Komentar Pelatih Australia

Sementara itu, Pelatih Timnas Australia U-16, Brad Maloney, menyatakan tak gentar menghadapi Indonesia yang berstatus tuan rumah di semifinal. Menurut dia, pertandingan melawan Garuda Muda akan menjadi pengalaman penting bagi skuadnya. 

“Saya melihat tim Indonesia adalah tim yang bagus. Pertandingan besok juga akan memberikan pengalaman penting untuk Timnas Australia, terutama untuk mengembangkan mental dan permainan kami. Sebab kami harus bertanding di depan ribuan suporter Indonesia sebagai tuan rumah, tapi kami siap,” ujar dia. 

Ia juga menilai pertandingan melawan Timnas U-16 Indonesia di semifinal Piala AFF U-16 2024 akan menjadi tantangan bagi timnya.”Untuk itulah kami ada di sini agar para pemain memiliki pengalaman itu dan menghadapi tantangan-tantangan itu,” kata dia. 

SEPTIA RYANTHIE

Pilihan Editor: Analisis Euro 2024: Ini Faktor Pembeda yang Membuat Timnas Swiss Bisa Menyingkirkan Juara Bertahan Italia

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *