Innalillahi, Korban Tewas Banjir di Afghanistan Tembus 300 Orang

  • Share

KABUL, iNews.id – Korban tewas akibat banjir bandang di Afghanistan melonjak jadi lebih dari 300 orang, Sabtu (11/5/2024). Banjir menerjang tiga hingga empat provinsi di Afghanistan dipicu hujan lebat.

Program Pangan PBB (WFP) menyatakan, korban tewas 300 orang tersebut berasal dari provinsi Baghlan saja. Angka tersebut merupakan akumulasi dari beberapa kejadian banjir di Baghlan sejak hujan lebat mengguyur provinsi itu beberapa hari terakhir.

“Banjir bandang melanda #Afghanistan, menewaskan lebih dari 300 orang di Baghlan serta menghancurkan lebih dari 1.000 rumah,” bunyi pernyataan WFP di media sosial X, seperti dilaporkan kembali Anadolu.

Oleh karena itu jumlah korban melebihi angka tersebut karena banjir juga merenggut banyak nyawa di Takhar dan Badakhshan.

Juru bicara pemerintahan Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan hujan deras menyebabkan banjir di empat provinsi, menghancurkan 2.500 hingga 3.000 rumah, membunuh ratusan ternak, serta merusak jalan dan infrastruktur lainnya.

“Tim penyelamat telah mencapai seluruh wilayah yang terkena dampak. Mereka telah membawa korban luka ke rumah sakit dengan helikopter karena jalan-jalan tertutup akibat banjir besar,” ujarnya.

Pemerintahan Taliban mengirimkan tim penyelamat dan bantuan dari Kabul dan provinsi lain.

“Kami meminta seluruh rakyat Afghanistan untuk maju dan membantu para korban banjir, yang menyebabkan kerusakan parah serta menghancurkan seluruh desa di beberapa daerah,” ujarnya.

Bulan lalu, sedikitnya 70 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat hujan lebat dan banjir di berbagai wilayah Afghanistan.

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Abdul Mateen Qaniee mengatakan, sedikitnya 153 orang tewas dan 138 lainnya luka akibat banjir dipicu hujan lebat di tiga provinsi.

Pemerintahan Afghanistan yang dikelola Taliban mengirim helikopter untuk mengevakuasi warga sipil setelah mendapat laporan bahwa lebih dari 100 orang terdampar.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan banyak orang kehilangan tempat tinggal dan kendaraan. Sistem air dan pembuangan limbah juga sangat terganggu.

Negara tetangga Afghanistan, Pakistan, juga dilanda hujan dan banjir yang menewaskan hampir 100 orang serta melukai 89 lainnya pada April.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *