banner 728x250

Indonesia Kirim Pesawat Hercules, Bawa Bantuan Palestina via Yordania

  • Share
banner 468x60


Example 300x600

Jakarta, CNN Indonesia

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melepas keberangkatan Pesawat Hercules C-130 J baru milik TNI AU yang membawa bantuan untuk Palestina dari Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (29/3).

Pesawat ini membawa bantuan berupa payung udara orang dan payung udara barang sejumlah 900 buah. Bantuan ini nantinya akan didrop di Yordania.

“Pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina ini merupakan tindak lanjut permintaan kebutuhan payung udara dari Pemerintah Yordania dalam rangka pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina,” kata Agus saat melepas bantuan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hercules ini akan melaksanakan penerbangan selama 10 hari dengan rute berangkat dari Halim – Aceh – Myanmar – India – UEA – Yordania.

“Tugas kemanusiaan ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dan negara kepada TNI, untuk itu laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, utamakan faktor keamanan dan melaksanakan semua prosedur dengan teliti,” kata Agus.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar menambahkan di Yordania, sudah ada bantuan-bantuan di antaranya kebutuhan pokok yang telah dikumpulkan terlebih dahulu.

Bantuan payung udara yang dibawa Pesawat Hercules ini nantinya akan digunakan Yordania untuk menyalurkan bantuan kepada Palestina melalui metode airdrop.

“Di sana barang-barang kita sudah ada juga. Payung ini yang nantinya akan drop oleh Pesawat udara Yordania, yang drop mereka, karena mereka yang dapat izin, karena ada perizinan tertentu. Kita titipkan ke Yordania tolong didrop,” kata Nugraha.

Diketahui, Israel melancarkan agresi ke Palestina sejak 7 Oktober. Akibat serangan mereka, lebih dari 32.500 warga meninggal

Awal Maret lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang telah menyebut pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza.

Ia menyebut penyerahan bantuan via darat ke Palestina kini tak memungkinkan.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” kata Jokowi dalam video yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/3).

(yoa/sur)

[Gambas:Video CNN]

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *