Hunter Biden Anak Presiden AS Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Senjata Ilegal dan Kebohongan Narkoba

  • Share

Hunter Biden, putra Joe Biden, menjadi anak pertama dari seorang Presiden AS yang dijatuhi hukuman atas kejahatan federal. (AFP)

HUNTER Biden, putra dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, dinyatakan bersalah dalam kasus kepemilikan senjata ilegal dan kebohongan terkait penggunaan narkoba saat membeli senjata tersebut. Keputusan itu membuat, Hunter menghadapi ancaman hukuman penjara.  

Hasil persidangan itu membuat Hunter menjadi anak pertama dari seorang Presiden AS yang dijatuhi hukuman atas kejahatan federal. 

Tidak hanya itu, Hunter akan menghadapi tuntutan pajak dalam persidangan terpisah yang dijadwalkan, September mendatang.

Baca juga : Persidangan Hunter Biden atas Tuduhan Senjata Api Ilegal Dimulai 3 Juni

Tapi siapa sebenarnya Hunter Biden?

Masa Kecil yang Diliputi Tragedi

Hunter lahir di Wilmington, Delaware, tahun 1970 dari pasangan Joe Biden dan Neilia Hunter. Pada Desember 1972, kurang dari enam minggu setelah ayahnya terpilih menjadi senator AS, Hunter mengalami kemalangan. Sebuah truk menabrak mobil keluarga mereka. 

Kecelakaan tersebut merenggut nyawa ibunya dan adik perempuannya yang masih bayi, Naomi. Hunter mengalami patah tulang tengkorak dan kakak laki-lakinya, Beau, juga patah kaki. Joe Biden, yang tidak berada di dalam mobil saat itu, mengambil sumpah jabatannya di samping tempat tidur anak-anaknya di rumah sakit.

Baca juga : Putra Joe Biden Terancam Penjara 10 Tahun Karena Kepemilikan Senpi Ilegal

Hunter kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Georgetown dan Sekolah Hukum Yale, lulus tahun 1996. 

Di antara dua gelar tersebut, ia bergabung dengan Jesuit Volunteer Corps, sebuah kelompok Katolik yang melayani komunitas marjinal, di mana ia bertemu dengan istri pertamanya, Kathleen Buhle.  

Mereka menikah tahun 1993 dan memiliki tiga anak yaitu, Naomi, Finnegan, dan Maisy. Sayangnya pernikahan mereka berakhir pada 2017.

Baca juga : Hunter Biden Diputus Bersalah Terkait Kepemilikan Senjata Api

Kecanduan dan Perjuangan Pribadi

Hunter mulai minum alkohol pada masa remaja dan mengakui menyalahgunakan kokain saat kuliah. Ia telah berulang kali keluar-masuk rehabilitasi. 

Pada 2013, ia bergabung dengan Angkatan Laut Cadangan AS dan disumpah di Gedung Putih oleh ayahnya, yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden. Namun, pada hari pertama di pangkalan angkatan laut, ia dinyatakan positif menggunakan kokain dan diberhentikan.

Setelah kematian kakaknya, Beau, akibat kanker otak tahun 2015, Hunter semakin tenggelam dalam kecanduan. Menurut majalah New Yorker, ia sering minum alkohol secara berlebihan, bahkan hanya keluar rumah untuk membeli vodka. 

Baca juga : Anak Sulung Joe Biden Didakwa Kemplang Pajak

Istrinya, Kathleen Buhle, menuduhnya menghabiskan banyak uang untuk kepentingan pribadi seperti narkoba, alkohol, dan pelacur, sementara meninggalkan keluarga tanpa dana.

Dalam memoirnya tahun 2021 berjudul Beautiful Things, Hunter mengakui bahwa perselingkuhannya menjadi pemicu akhir dari pernikahan mereka. Tes DNA pada  2019 mengonfirmasi ia adalah ayah biologis dari seorang anak yang lahir dari Lunden Alexis Roberts, seorang penari eksotis dari Arkansas. Hunter telah menyelesaikan tuntutan paternitas dengan Roberts dan membayar tunjangan anak.

Kasus Senjata dan Kontroversi Lainnya

Setelah perceraiannya dengan Kathleen Buhle, Hunter memulai hubungan dengan janda kakaknya, Hallie Biden. Hubungan ini menjadi sorotan media dan berlangsung selama dua tahun sebelum berakhir tahun 2019. Selama hubungan mereka, kata Hallie saat bersaksi di pengadilan, Hunter memperkenalkannya pada kokain dan sering menggunakannya di hadapannya.

Pada 2018, dua bulan setelah keluar dari rehabilitasi, Hunter membeli pistol, yang menurut tim pembelanya adalah pembelian impulsif. Jaksa mengatakan dia berbohong pada formulir aplikasi senjata dengan mengklaim bahwa dia tidak menggunakan narkoba saat itu. 

Hallie Biden kemudian menemukan senjata tersebut dan, dalam kepanikan, membuangnya ke tempat sampah. Insiden ini melibatkan polisi setempat, FBI, dan akhirnya mengarah pada dakwaan terhadap Hunter.

Perjalanan Karier dan Bisnis

Setelah lulus dari Yale, Hunter bekerja di MBNA America, sebuah perusahaan induk bank yang berkantor pusat di Delaware, di mana ayahnya memiliki hubungan dekat. Joe Biden mendorong reformasi kebangkrutan yang menguntungkan MBNA melalui Senat.

Hunter bekerja di sana dan kemudian membuka praktik lobi di Washington. Praktik ini membuatnya mendapatkan klien yang memiliki kepentingan yang tumpang tindih dengan prioritas legislatif ayahnya.

Pada 2006, Hunter dan seorang kerabat lainnya membeli grup hedge fund yang akhirnya terkait dengan beberapa penipu yang diduga. Meskipun demikian, keluarga Biden menyangkal adanya kesalahan dan tidak menghadapi dakwaan. Tahun 2010, mereka melikuidasi dana tersebut dan mengembalikan uang kepada para investor.

Kehidupan Pribadi dan Masa Depan

Hunter menikahi pembuat film asal Afrika Selatan, Melissa Cohen, tahun 2019 setelah kisah cinta singkat selama enam hari. Mereka memiliki seorang putra. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Hunter beralih ke melukis sebagai bentuk terapi, meskipun penjualan karyanya yang mencapai hingga US$500.000 per lukisan menciptakan dilema etika bagi Gedung Putih.

Presiden Biden beberapa kali membela putranya, termasuk dalam debat presiden 2020 dengan Donald Trump. Menjelang persidangan, ia merilis pernyataan,”Saya adalah Presiden, tetapi saya juga seorang Ayah. Jill dan saya mencintai putra kami, dan kami sangat bangga dengan pria yang ia telah menjadi hari ini.” 

Namun, ia menegaskan jika juri memvonis Hunter Biden bersalah, ia tidak akan berharap untuk mendapatkan grasi.

Hunter Biden terus berjuang dengan masa lalunya yang penuh masalah dan upaya untuk menemukan kedamaian melalui seni dan dukungan keluarganya. Putusan hukum yang dihadapinya akan menjadi bagian penting dari perjalanan hidupnya yang penuh lika-liku. (Z-3)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *