Hikayat Deep Blue, Super Komputer IBM Pernah Lawan Grandmaster Garry Kasparov: Sebuah Tonggak AI

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Grandmaster pecatur Garry Kasparov menjajal bertanding catur dengan super komputer IBM, Deep Blue, pada 3 Mei 1997. Kasparov meladeni pertandingan lanjutan sampai pertandingan keenam atau penentuan ia melawan Deep Blue, pada 11 Mei 1997.

Asal usul IBM Deep Blue

Selama beberapa dekade, para ilmuwan komputer memandang catur sebagai barometer untuk kecerdasan buatan. Kalkulator permainan catur muncul pada akhir 1970-an. Tapi baru satu dekade kemudian tim mahasiswa pascasarjana Universitas Carnegie Mellon merancang komputer pertama yang disebut Deep Thought.

Deep Thought dirancang untuk mengalahkan granmaster. Namun keberhasilan itu berumur pendek. Pada 1989, Kasparov mudah saja mengalahkan Deep Thought dalam dua game tersebut.

IBM cukup terkesan dengan C.M.U. teknologi tim untuk membawa para penelitinya dalam mengembangkan versi awal Deep Blue sebagai penerus Deep Thought. Tim Deep Blue kalah lagi dari Kasparov pada 1996. Kala itu dalam turnamen di Philadelphia. Tapi, ia berhasil memenangi satu kali dari enam pertandingan melawan juara dunia.

Pada 1997, setelah bertahun-tahun pengembangan, IBM Blue diluncurkan untuk menghadapi Kasparov. IBM Blue adalah komputer catur paling canggih pada masanya, mampu melakukan lebih dari 200 juta perhitungan per detik.

IBM Blue membuktikan kemampuannya dengan menang dalam dua pertandingan, tiga imbang. Kalah dalam satu pertandingan. Keberhasilan IBM Blue menjadi bukti, teknologi AI memenangi permainan catur melawan manusia. Teknologi itu juga membuka jalan bagi kemajuan AI dalam berbagai bidang lainnya.

Iklan

Merujuk situs web IBM, keberhasilan IBM Blue langkah awal menuju perkembangan teknologi yang lebih canggih dan inovatif di masa depan. Pertandingan antara IBM Blue dan Garry Kasparov memang telah berlalu. Tapi pencapaian teknologi AI terus berkembang sampai sekarang.

Pertandingan Deep Blue melawan Garry Kasparov

Pertandingan catur yang diadakan di New York City pasa 3 Mei 1997 menjadi momentum penting dalam sejarah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Sebelum pertandingan dimulai, kemampuan komputer canggih yang dikembangkan IBM Deep Blue sempat diragukan. Sebab, Kasparov dianggap sebagai pemain catur terbaik di dunia saat itu.

Namun, IBM Deep Blue berhasil mengalahkan Garry Kasparov dengan skor akhir 4–2 dalam enam kali laga. Hasil itu memastikan status IBM Blue sebagai komputer paling cerdas.

KAKAK INDRA PURNAMA | PUTRI SAFIRA PITALOKA
Pilihan editor: Rusia Masukkan Legenda Catur Garry Kasparov dalam Daftar Teroris dan Ekstremis

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *