Hasil Euro 2024: Turki vs Austria Skor 2-1, Merih Demiral Cetak Gol Cepat

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas Turki melaju ke perempat final Piala Eropa atau Euro 2024 usai menaklukan Austria dengan skor 2-1 pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Red Bull Arena, Leipzig, Rabu dini hari waktu Indonesia. Dua gol Turki dicetak oleh Merih Demiral.

Turki sudah dinanti Belanda yang sudah lebih dulu lolos usai mengalahkan Rumania dengan skor 3-0. Pertandingan perempat final antara Belanda vs Turki akan dimainkan di Berlin pada 6 Juli mendatang.

Gol Cepat Turki 

Pertandingan baru berusia satu menit saat Turki membuka keunggulan. Arda Guler melepaskan tendangan sudut yang dihalau Cristoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, tetapi bola sapuannya membentur rekan setimnya Stefan Posch.

Kiper Patrick Pentz lantas menghalaunya sebelum bola jatuh ke penguasaan Demiral, yang dengan cepat melesakkannya masuk ke gawang Austria.

Austria berusaha menyamakan kedudukan secepatnya. Baumgartner melepaskan tembakan melebar, sebelum Demiral mencegah pemain yang sama membobol gawang Turki ketika bola berbahaya melintasi mulut gawang Turki.

Guler hampir menggandakan keunggulan Turki, melalui sepakannya dari sisi tengah lapangan yang masih melebar dari gawang Austria.

Skor 1-0 untuk keunggulan Turki bertahan hingga turun minum.

Demiral Samakan Rekor Lilian Thuram

Pelatih Austria Ralf Rangnick melakukan dua pergantian pemain saat turun minum, termasuk memasukkan Michael Gregoritsch, yang mengemas trigol saat kedua tim bertemu tiga bulan silam.

Gawang Turki mendapat ancaman saat Marko Arnautovic berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Mert Gunok yang dapat dipatahkan sang kiper. Setelah itu Konrad Lainers gagal melakukan penyelesaian maksimal saat ia melaju dari tengah lapangan.

Namun, Turki mampu menggandakan keunggulan ketika tendangan sudut Guler pada menit ke-59 dapat disambut sundulan Demiral. Gol tersebut sekaligus menjadikan Demiral sebagai bek Eropa pertama yang mampu mencetak dua gol pada fase gugur turnamen utama sejak Lilian Thuram melakukan hal serupa pada Piala Dunia 1998.

Iklan

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan saat bola tenangan bebas Stefan Posch disambut sepakan Gregoritsch masuk ke gawang Turki pada menit ke-66.

Setelah itu hujan deras mengguyur lapangan di Leipzig, tetapi kedua tim tetap menampilkan permainan tempo tinggi. Dalam satu kesempatan, Sabitzer sempat terkena lemparan benda dari penonton saat ia ingin mengambil tendangan sudut.

Turki memiliki peluang untuk mengemas gol ketiga bagi Turki, tetapi Baris Alper Yilmaz gagal menaklukkan kiper Pentz menjelang laga usai.

Di sisi lain lapangan, kiper Turki Gunok melakukan penyelamatan penting untuk timnya saat ia dengan lincah dapat menahan sundulan Baumgartner yang mengarah ke sudut jauh gawangnya. Turki pun mampu mempertahankan keunggulan, untuk memastikan lolos ke perempat final turnamen utama untuk pertama kalinya sejak Piala Eropa 2008.

Daftar susunan pemain:

Austria: Patrick Pentz, Stefan Posch, Kevin Danso, Philipp Lienhart, Phillipp Mwene, Nicolas Seiwald, Konrad Laimer; Romano Schmid, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, Marko Arnautovic

Pelatih: Ralf Rangnick 

Turki: Mert Gunok, Mert Muldur, Merih Demiral, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu, Ismail Yuksek, Kaan Ayhan, Kenan Yildiz, Orkun Kokcu, Baris Alper Ylmaz, Arda Guler

Pelatih: Vincenzo Montella

Pilihan Editor: Belanda vs Rumania, De Oranje Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Usai Menang 3-0

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *