Hasil Copa America 2024: Venezuela Kalahkan Jamaika 3-0, Ekuador Lolos Perempat Final Usai Tahan Imbang Meksiko

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Venezuela berhasil mengalahkan Jamaika pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Copa America 2024 di Stadioin Q2, Austin, Texas, pada Senin, 1 Juli 2024. Venezuela menang dengan skor 3-0 berkat gol dari Eduard Bello, Jose Rondon, Eric Ramires sekaligus memantapkan catatan tak terkalahkan tim di fase grup.

Venezuela mendominasi pertandingan selama 90 menit. Dengan penguasaan bola 52 persen, tim ini berhasil mencetak 18 peluang gol dan empat di antaranya tepat mengarah ke gawang. Adapun Jamaika, dengan 49 persen, berhasil mencetak delapan peluang gol dan hanya satu yang tepat sasaran. 

Meski dominan, Venezuela baru bisa mendapatkan gol pada menit ke-49. Berawal dari Jon Aramburu yang melepaskan sebuah umpan lambung ke dalam kotak penalti, Eduard Bello berhasil menyundul bola melewati penjaga gawang. Skor menjadi 1-0 untuk Venezuela.

Pada menit ke-56, Salomon Rondon berhasil melakukan penyelesaian yang klinis setelah mendapatkan umpan terobosan dari Yangel Herrera. Ia melepaskan sebuah tembakan rendah jarak dekat yang berhasil lewati penjaga gawang. Skor berubah menajdi 0-2 untuk keunggulan Venezuela.

Pada menit ke-77, Kaheim Dixon berpeluang memperkecil ketertinggalan Jamaika. Ia menerima sebuah operan yang membelah pertahanan lawan di batas kotak penalti. Ia melepaskan tendangan ke arah sudut kiri bawah gawang. Kiper Rafael Romo berhasil mengagalkan usaha.

Venezuel justru berhasil memperlebar keunggulan pada menit ke-85, setelah sebuah bola terobosan dari Kervin Andrade berhasil dimanfaatkan Eric Ramirez di dalam kotak penalti. Skor 3-0 untuk Venezuela.

Iklan

Meksiko dan Ekuador Bermain Imbang

Pada pertandingan lain, duel Meksiko dan Ekuador berakhir imbang tanpa gol. Meksiko gagal mengonversi sejumlah peluang matang yang tercipta selama 90 menit pertandingan.  Statistik menunjukkan bahwa Meksiko berhasil mendominasi 61 persen penguasaan bola, sedangkan Ekuador hanya 39 persen. 

Meksiko juga berhasil membuat 20 peluang mencetak gol, tetapi hanya tiga yang tepat sasaran. Adapun Ekuador sebenarnya tampil lebih berbahaya dengan mencetak tiga peluang tepat sasaran dari delapan kesempatan. 

Kemenangan membuat Venezuela lolos ke babak perempat final Copa America 2024 dengan sembilan poin. Ekuador lolos sebagai runner up dengan empat poin dan unggul selisih gol dari Meksiko. Adapun Jamaika berada di posisi juru kunci setelah mengantongi tiga kekalahan. 

Pilihan Editor: Jude Bellingham Cetak Gol Salto saat Timnas Inggris Lolos ke Perempat Final Euro 2024, Sebut untuk Membungkam Kritik

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *