Hasil Babak 16 Besar Euro 2024: Timnas Swiss Singkirkan Juara Bertahan Italia, Skor 2-0

  • Share

TEMPO.CO, JakartaTimnas Swiss mengalahkan Italia 2-0 dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Sabtu, 29 Juni 2024. Mereka menang berkat gol Remo Freuler di menit ke-37 dan Ruben Vargas pada menit ke-46.

Hasil ini memastikan langkah Swiss ke babak perempat  Euro 2024. Sedangkan Italia tersingkir dan gagal mempertahankan gelar juara.

Ekspresi pemain Italia Federico Chiesa setelah dikalahkan Swiss 2-0 pada pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di Berlin Olympiastadion, Berlin, 29 Juni 2024.REUTERS/Angelika Warmuth

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, menurunkan trio Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, dan Stephan El Shaarawy sebagai juru gedor di lini depan mereka. Sedangkan lini tengah Gli Azzurri dipercayakan kepada Bryan Cristante, Nicolo Fagioli, dan Nicolo Barella.

Posisi Gianluigi Donnarumma sebagai penjaga gawang belum tergantikan, ia dikawal Giovanni di Lorenzo, Gianluca Mancini, Alessandro Bastoni, dan Matteo Darmian.

Laga melawan Swiss ini adalah penampilan kedua Staphan El Shaarawy untuk Italia di turnamen besar setelah Euro 2016 melawan Republik Irlandia dengan jarak 8 tahun 7 hari.

Pemain Swiss Ruben Vargas melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Italia dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di Berlin Olympiastadion, Berlin, 29 Juni 2024. REUTERS/Lee Smith

Ini menjadi jarak penampilan terjauh kedua untuk pemain Italia di turnamen besar, setelah Ciro Ferrara pada Juni 2000 (9 tahun 348 hari).

Meski Gli Azzurri berstatus sebagai juara bertahan, tetapi Nati mampu memberikan perlawanan sengit, mereka bahkan mendominasi penguasaan bola dan peluang pada awal babak pertama.

Iklan

Gawang Italia pun akhirnya terkoyak pada menit ke-37, setelah Remo Freuler berhasil memaksimalkan umpan dari Ruben Vargas. Swiss memimpin 1-0 dan keunggulan itu bertahan hingga laga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Italia yang coba bangkit justru dikejutkan oleh gol spektakuler Ruben Vargas, saat laga baru berjalan kurang dari 30 detik.

Tendangan pemain Swiss Ruben Vargas merobek gawang Italia yang dikawal Gianluigi Donnarumma dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di Berlin Olympiastadion, Berlin, 29 Juni 2024. REUTERS/Lisi Niesner

Usaha Italia untuk membalas selalu gagal. Federico Chiesa yang tampil sebagai pemain sayap Gli Azzurri, tampak kesulitan menembus pertahanan tim Nati.

Pertahanan Swiss memang tampil rapat pada laga ini, sesekali mereka melancarkan serangan berbahaya memanfaatkan kesalahan pemain Italia.

Italia coba memanfaatkan bola sepakan jarak jauh, salah satunya dari Lorenzo pellegrini, ketika laga memasuki menit ke-85, tetapi masih melambung tinggi.

Meski mencoba menciptakan peluang Gli Azzurri gagal menciptakan gol balasan, hasilnya mereka harus tersingkir dan Swiss berhak melaju ke babak perempat final.

Pilihan Editor: Timnas Inggris Diejek Suporter saat Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Apa Kata Gareth Southgate?

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *