Hari Corgi Internasional Perayaan dan Penyelamatan untuk Anjing yang Menggemaskan

  • Share

Pada 4 Juni, para pecinta anjing ras Corgi merayakan Hari Corgi Internasional.(AFP)

BAGI pecinta anjing ras corgi, hari ini, 4 Juni, menjadi hari yang perlu dirayakan. Hari ini merupakan Hari Corgi Internasional. 

Anjing kecil ini awalnya dibiakkan untuk menggembalakan hewan yang lebih besar di Wales. 

Peringatan ini bertujuan memberikan cinta dan perhatian pada jenis anjing yang menggemaskan ini. Fokus juga diberikan pada penyelamatan dan penempatan kembali corgi yang telah ditinggalkan pemiliknya.

Baca juga : Anjing-Anjing Corgi Ratu Elizabeth II akan Dirawat Pangeran Andrew

Berbicara tentang jenis anjing, Corgi merupakan  jenis anjing yang berasal dari Inggris dan memiliki ciri fisik yang mirip dengan anjing herder. Namun ukurannya jauh lebih kecil dan memiliki kaki yang pendek sehingga tubuhnya hampir menyentuh tanah.

Trah ini terdiri dari dua ras yang paling populer, yakni Pembroke Welsh Corgi dan Cardigan Welsh Corgi.

Pembroke Welsh Corgi diyakini sebagai keturunan anjing yang dibawa ke Wales oleh bangsa Viking pada abad ke-9. Sementara Cardigan Welsh corgi memiliki akar yang mungkin lebih tua dan bisa saja ada keterkaitan dengan anjing Celtic.

Baca juga : Ini Sejarah dan Makna Idul Adha

Corgi juga memiliki  ukuran telinga yang terlihat lebih besar dari badannya sehingga memberikan kesan lucu dan menggemaskan. Anjing jenis ini sangat lincah dan pandai menggembala domba. Namun karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, anjing ini juga sangat cocok untuk dipelihara.

Corgi juga relatif patuh dan setia kepada pemiliknya. Anjing Corgi memiliki warna bulu yang sangat beragam, mulai dari coklat, putih, hitam hingga campuran ketiga warna tersebut. Anjing ini beratnya bisa mencapai 10-12 kilogram.

Perawatan

Baca juga : 7 Fakta dan Mitos Mengenai Anne Boleyn

Untuk merawat anjing corgi cukup mudah. Pertama pastikan memberi makanan yang tepat yang mengandung cukup nutrisi untuk tubuhnya. Ingatlah untuk membawanya berkeliling keluar agar tubuhnya tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Untuk perawatan bulu, tidak perlu menggunting bulu setiap hari. Pastikan tidak ada kotoran pada bulu atau tubuhnya, dan potong kuku anjing secara teratur untuk menghindari masalah robekan dan masalah kaki.

Sejarah Hari Anjing Corgi Internasional

Baca juga : 1 Juni,  Sejarah dan Makna Hari Lahir Pancasila

Hari Corgi Internasional merupakan gagasan dari organisasi Omaha Corgi. Organisasi ini didirikan tahun 2011, ketika sekelompok teman berkumpul dan memutuskan mengadakan acara khusus untuk ras anjing favorit mereka.

Awalnya, organisasi Omaha Corgi hanya terbatas pada wilayah Omaha. Namun karena Corgi populer di seluruh dunia, cakupan acara ini terus diperluas dan bukan organisasi perlindungan atau penyelamatan khusus, melainkan organisasi acara. Organisasi ini didedikasikan mendukung asosiasi penggemar anjing Corgi.

Setelah beberapa tahun, para pendiri menemukan membeli, rehoming, dan mengadopsi corgi adalah masalah yang sulit. Diperlukan organisasi akar rumput yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini agar kesadaran masyarakat terhadap ras ini semakin meningkat.

Karena semakin populernya anjing Corgi, setiap tanggal 4 Juni ditetapkan peringatan khusus sebagai Hari Anjing Corgi Internasional. Acara peringatan ini lebih dari sekadar perayaan, ini juga merupakan “penyelamatan kecil” terhadap segala hal tentang Corgi.

Monumen ini juga sering mengadakan acara penggalangan dana, yang dananya digunakan untuk upaya penyelamatan dan perawatan anjing Corgi. Dana yang terkumpul dapat disalurkan ke berbagai perusahaan yang sama-sama fokus pada anjing Corgi . (Z-3)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *