Hanya Tuhan yang Bisa Bikin Saya Mundur!

  • Share

WASHINGTON, iNews.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan dirinya tak percaya dengan polling. Beberapa jajak pendapat menempatkan dirinya di bawah kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump menjelang Pipres AS 2024 pada November mendatang.

Hasil polling tersebut tak lepas dari kekhawatiran publik mengenai apakah dia mampu secara mental dan fisik melanjutkan periode keduanya di Gedung Putih. Hasil debat capres perdana pada 27 Juni lalu menunjukkan Biden kewalahan. 

Beberapa hari setelah acara, Biden mengatakan dirinya kelelahan saat debat berlangsung setelah melakukan dua kunjungan luar negeri serta agenda di dalam negeri. Bahkan pria 81 tahun itu mengatakan nyaris saja tertidur di atas panggung saat debat.

Survei yang dilakukan CBS News/YouGov setelah debat mengungkap, 72 persen responden, yakni mereka yang masuh dalam daftar pemilih tetap, tidak percaya Biden memiliki kesehatan mental dan kognitif yang diperlukan untuk menjabat presiden lagi.

Kemudian polling The New York Times/Siena College yang dirilis pada Senin lalu menunjukkan, Biden memiliki tingkat dukungan kurang dari 37 persen di antara calon pemilih. Dalam survei yang sama Trump mendapat dukungan 49 persen dari pemilih, sementara 43 persen. Polling yang sama sebelumnya, selisih antara keduanya hanya 3 persen untuk keunggulan Trump.

Jajak pendapat yang dilakukan Suffolk University/USA TODAY yang diterbitkan pada Selasa menunjukkan, Trump mengalahkan Biden dengan selisih 3 persen. Sementara itu polling CNN/SSRS Trump unggul dengan selisih 6 persen.

Hasil lain ditunjukkan dalam polling Bloomberg News/Morning Consult. Biden mempersempit kesenjangan dengan hanya kalah hanya 2 persen di beberapa negara bagian potensial. 

Biden menjelaskan, dalam wawancara dengan pembawa acara ABC News George Stephanopoulos, polling internal yang dilakukan timnya menunjukkan hasil berbeda dengan lembaga lain.

“Menurut saya itu bukan peringkat persetujuan untuk saya. Polling kami tidak menunjukkan seperti itu,” kata Biden.

“Begini, Anda aham polling lebih baik dari siapa pun. Apakah menurut Anda data polling masih seakurat dulu?” kata Biden, bertanya kepada Stephanopoulos. 

Dia dengan tegas mengatakan, tidak ada orang yang saat ini lebih memenuhi syarat untuk menjadi presiden AS selain dirinya. Dia juga menegaskan kembali tidak akan mundur dari pencalonan Pilpres AS 2024, bahkan jika didesak para tokoh utama Partai Demokrat.

“Hanya Tuhan Yang Maha Kuasa yang bisa meyakinkan saya untuk mundur,” ujarnya.

Editor : Anton Suhartono

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *