Gencatan Senjata di Gaza Bisa Dilakukan Besok jika Hamas Bebaskan Tawanan Israel

  • Share

SEATTLE, iNews.id – Presiden AS Joe Biden memastikan gencatan senjata dalam perang Israel dengan Hamas di Gaza dapat dilakukan secepatnya. Syaratnya, kelompok pejuang Palestina itu mesti membebaskan semua tawanan Israel.

“Akan ada gencatan senjata besok jika Hamas membebaskan para sandera,” kata Biden pada acara penggalangan dana di luar Kota Seattle, AS, di rumah mantan eksekutif Microsoft, Sabtu (11/5/2024) waktu setempat.

“Israel bilang terserah Hamas, kalau mereka mau, kita bisa akhiri besok. Dan gencatan senjata akan dimulai besok,” ujar presiden AS itu lagi.

Pada Rabu (8/5/2024) lalu, Biden mengatakan dia akan berhenti memasok peluru artileri dan senjata lainnya ke Israel jika pasukan zionis menyerang akota Rafah di Jalur Gaza Selatan. Dia pun menyesalkan fakta bahwa banyak warga sipil yang telah terbunuh oleh jatuhnya bom AS di bumi Palestina.

“Jika mereka (Israel) masuk ke Rafah, saya tidak akan memasok senjata yang pernah digunakan… untuk menghadapi kota-kota tersebut,” kata Biden dalam wawancara televisi dengan CNN.

Hamas dan Israel sejauh ini gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata meski telah berulang kali melakukan perundingan tidak langsung. Terakhir, negosiasi para pihak di Kairo, Mesir, belum menemukan titik temu, meski para mediator mengatakan ada kemajuan dalam pembicaraannya.

Sekitar 250 orang Israel ditawan Hamas saat kelompok pejuang itu melancarkan serangan ke Israel Selatan pada 7 Oktober lalu. Para pejabat Israel mengatakan, sebanyak 128 dari mereka masih ditawan di Jalur Gaza, termasuk sedikitnya 36 orang yang tewas akibat serangan militer zionis sendiri.

Serangan Hamas pada 7 Oktober menyebabkan tewasnya 1.200 orang Israel. Militer zionis lalu melancarkan serangan di Jalur Gaza yang sampai hari ini telah menewaskan setidaknya 34.971 warga sipil, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *