Gempa M7,0 Baru Saja Terjadi, Ini Lokasi dan Dampaknya Menurut BMKG

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Gempa magnitudo 7,0 tercetus dari laut, 373 kilometer arah barat laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. BMKG mencatat gempa itu terjadi pada Kamis pagi ini, 11 Juli 2024, pukul 09.13 WIB atau 10.13 waktu setempat. 

Info awal BMKG tersebut menyebut pusat gempa berada di kedalaman 632 kilometer. “Tidak berpotensi tsunami,” bunyi info yang dibagikan di akun Info BMKG di media sosial X.

Guncangan terkuat dirasakan pada skala II-III MMI. Lokasinya adalah Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Taliabu, Ternate, dan Talaud.

Pada skala III MMI, guncangan gempa biasa diilustrasikan sebagai getaran yang dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk yang sedang melintas. Sedang pada skala II MMI, gempa membuat benda-benda ringan yang sedang tergantung bergoyang.

Iklan

Dalam keterangan yang diberikan lewat akun media sosialnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut gempa yang terjadi tergolong gempa dalam. “Ini dipicu oleh adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng Laut Filipina yang tersubduksi ke bawah Pulau Mindanao,” kata dia.

Pilihan Editor: Spesifikasi Lengkap Seri Xiaomi 15 yang Bakal Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 4

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *