Gelar Rakerda, Pemuda PUI Bandung Barat Deklarasikan Pilkada Berintegritas

  • Share

Pemuda Persatuan Ummat Islam (PPUI) Kabupaten Bandung Barat berkomitmen menjaga dan mengawasi proses pilkada(DOK/PUI BANDUNG BARAT)

PEMUDA Persatuan Ummat Islam (PPUI) Kabupaten Bandung Barat mendeklarasikan pemilihan kepala daerah (pilkada0) berintegritas.

Deklarasi pada Sabtu (1/6) di aula DPRD Kabupaten Bandung Barat itu dilakukan bersamaan dengan digelarnya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Pengurus Daerah Pemuda PUI KBB.

Deklarasi ini dipimpin oleh Julhayadi Arya Puntara, Ketua Umum Pemuda PUI KBB, yang diikuti oleh seluruh pengurus dan peserta rakerda.

Baca juga : Koalisi Demokrat, PKB dan NasDem, Yogi Maju di Pilkada Bandung Barat 2024

Julhayadi mengungkapkan pemilihan legeslatif dan pemilihan presiden telah usah. KPU sudah menetapkan pasangan capres-cawapres terpilih, juga caleg DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kota serta kabupaten.

“Berbagai manuver politik, dinamika kejadian kita temui selama pemilu serentak kemarin. Banyak pengamat dan publik menilai bahwa pemilu 2024 adalah pemilu paling brutal. Hal itu dikarenakan banyak kecurangan dan money politic yang tidak terbendung,” ujarnya.

Pesta demokrasi, lanjut dia, tidak berhenti di situ saja. Ke depan, masih ada perhelatan pilkada serentak. Pada 27 November, ada pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Jawa Barat sendiri akan menyelenggarakan pemilihan bupati dan wali kota di 27 kota dan kabupaten, serta pemilihan gubernur.

Baca juga : Putusan MA tentang Usia Calon Kepala Daerah Dinilai Transaksional

“Pemilihan bupati Bandung Barat salah satu di antaranya. Dalam rangka memastikan proses pemilihan umum yang transparan, adil, demokratis, dan terhindar dari segala bentuk Kecurangan kami, Pemuda PUI KBB dengan ini menyatakan komitmen kami untuk menjadi pengawas pilkada dengan integritas yang tinggi,” tandas Julhayadi.

Awasi korupsi

Karena itu, Pemuda PUI Kabupaten Bandung berjanji akan mematuhi semua undang-undang dan peraturan yang berlaku terkait pemilihan umum. Mereka juga sepakat mencegah praktik korupsi, penyuapan (money politic), atau kecurangan dalam semua tahapan pemilihan.

Baca juga : KPU Kabupaten Bandung Luncurkan Tahapan Pilkada 2024

Pemuda PUI Bandung Barat, lanjutnya, juga memastikan terjamin kebebasan berpendapat dan partisipasi politik yang adil bagi semua kandidat dan pemilih. Mereka juga akan memastikan bahwa proses pemilihan, termasuk pemungutan suara dan penghitungan suara, berlangsung secara transparan dan dapat dipercaya.

“Kami mendukung pendidikan pemilih dan memastikan bahwa pemilih memiliki akses yang cukup dan informasi yang akurat untuk membuat keputusan yang tepat. Pemuda PUI Bandung Barat akan turut serta dalam mengawal penegakan hukum secara tegas terhadap pelanggaran pemilihan dan memberikan sanksi yang sesuai kepada pelaku kecurangan,” lanjutnya.

Ke depan, mereka berjanji akan menerima hasil pemilihan dengan damai dan menghormati keputusan demokratis yang dihasilkan oleh suara rakyat.

“Kami berkomitmen untuk mengawasi pemilihan umum yang berintegritas dan memberikan dukungan penuh kepada proses demokrasi di negara ini,” tandas Julhayadi.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *