Gagal Naik Podium di MotoGP Jerman 2024, Enea Bastianini Fokus Perbaiki Satu Hal Ini

  • Share

SACHSENRING, iNews.id – Pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini, sudah mengevaluasi penyebab kegagalan naik podium di MotoGP Jerman 2024. Dia pun sudah tahu apa yang harus ditingkatkan. 

Pembalap berjuluk The Beast itu melihat dirinya harus memperbaiki waktu kualifikasinya yang terbilang kurang memuaskan musim ini.

Bastianini gagal finis di tiga besar dalam MotoGP Jerman 2024. Dia hanya mampu finis di posisi keempat dalam sprint dan balapan utama di Sirkuit Sachsenring itu.

Salah satu penyebabnya adalah waktu kualifikasinya yang kurang apik. Dia hanya start dari posisi sembilan. Masalahnya, Bastianini terlalu sering memulai balapan dari baris ketiga atau keempat di musim ini.

Padahal posisi start yang apik merupakan modal penting terutama dalam balapan di trek kecil yang tak memberikan banyak peluang menyalip seperti di Sachsenring.

Dari sembilan balapan yang sudah digelar musim ini, rider asal Italia itu tercatat hanya dua kali memulai balapan di depan rekan setimnya yang menjadi pemenang di Jerman, Francesco Bagnaia.

Bastianini banyak menghabiskan waktunya di belakang Marc Marquez dalam balapan utama di Jerman kemarin. Selain itu dia sempat terjebak di belakang Miguel Oliveira sampai akhirnya mampu perlahan naik dan merebut tempat keempat dari tangan Franco Morbidelli.

“Memilih ban selalu menjadi tantangan di Sachsenring, Anda selalu berkendara di sisi samping. Itu sangat sulit di tikungan 8 dan 10, di mana saya kehilangan waktu, termasuk saat bertarung dengan Morbidelli. Mustahil untuk mengikuti Marc,” kata Bastianini dilansir dari Speedweek, Selasa (10/7/2024).

Mantan rider Gresini Ducati itu pun tahu betul apa yang mesti diperbaikinya pada paruh kedua musim MotoGP 2024 nanti dalam memasuki liburan musim panas ini. Hal itu adalah waktu kualifikasinya.

“Kami harus mengambil langkah maju di babak kualifikasi. Kami tidak dapat sepenuhnya memanfaatkan potensi ban baru,” tutur rider berusia 26 tahun itu.

Sebagai informasi, Bastianini saat ini duduk di peringkat empat klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 155 poin. Dia terpaut 11 angka dari Marc Marquez yang berada tepat di atasnya.

Editor : Abdul Haris

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *