Euro 2024: Meski Kalah, Julian Nagelsmann Anggap Timnas Jerman Masih Lebih Baik Dibanding Spanyol

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Manajer Timnas Jerman Julian Nagelsmann menilai para pemainnya menjalani Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 dengan positif. Meski tersingkir setelah menelan kekalahan dramatis di babak perpanjangan waktu dalam pertandingan perempat final, ia yakin Der Panzer adalah tim yang lebih baik.

Pemain Spanyol Mikel Merino mencetak gol kemenangan pada menit ke-119. Gol itu sangat memilukan bagi Jerman yang semula berhasil memaksakan perpanjangan waktu lewat gol Florian Wirtz pada menit ke-89.

Nagelsmann mengucapkan selamat kepada Spanyol atas kemenangan tersebut. Namun, ia juga sangat kecewa melihat para pemainnya tersingkir setelah mengeluarkan semua kemampuan untuk meraih kemenangan. 

“Seluruh pertandingan terlalu terbuka dan kemudian di babak kedua kami bereaksi dengan cara yang baik dan kami tampil lebih baik dalam permainan. Setelah menit ke-60 kami jelas menjadi tim yang lebih baik dengan banyak peluang bersih dan menjelang akhir saya pikir kami pantas mencetak gol,” kata Nagelsmann seusai pertandingan, dikutip dari Reuters.

“Dengan pengecualian lima menit pertama babak kedua perpanjangan waktu, saya pikir hampir hanya kami yang ingin menang,” ujar mantan pelatih RB Leipzig dan Bayern Munchen tersebut.

Jerman memiliki peluang untuk mencetak gol sebelum dan sesudah gol penyeimbang Wirtz. Der Panzer mendapatkan peluang lewat tendangan Niclas Fuellkrug yang masih membentur tiang, sebelum Manuel Neuer harus kembali memungut bola dari gawangnya.

“Kami mempunyai peluang, kami hanya meleset dua sentimeter, jadi saya pikir kami benar-benar menikmati permainan dan kemudian pada peluang terakhir kami kebobolan,” kata Nagelsmann. 

Iklan

“Saya tidak tahu apakah kami bermain terlalu terbuka, apakah kami mengambil risiko terlalu banyak, jika seseorang ingin menanyakan pertanyaan itu kepada saya, saya akan menjawab, tidak. Sayangnya dalam situasi itu kami tidak mendapat cukup tekanan di sayap dan Dani Olmo mampu memainkan umpan silang super bagus ini,” ujar dia lagi.

Kekalahan dan tersingkirnya Jerman akan lebih sulit untuk diterima setelah mereka tidak mendapat penalti ketika bola mengenai tangan Marc Cucurella di perpanjangan waktu. “Saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang hal itu tetapi saya ingin menggunakan panggung ini di sini hanya untuk berbicara tentang sepak bola secara umum dan mungkin untuk orang lain.”

“Saya pikir mereka menerapkan aturan bahwa pada akhirnya ini bukanlah penalti. Namun yang pasti ini bukan satu-satunya alasan mengapa kami kalah dalam pertandingan tersebut,” kata Nagelsmann.

Meski tuan rumah tersingkir dari turnamen tersebut, Nagelsmann tetap positif dengan pendekatan permainan di Euro 2024. Ia berharap skuadnya juga bisa menjadi kekuatan pemersatu di negaranya.  “Saya berharap simbiosis antara suporter sepak bola dan Timnas Jerman ini bisa terjadi juga di tengah-tengah masyarakat kita, agar kita memahami sebagai masyarakat bahwa kita bisa menciptakan sesuatu, bahwa kita bisa menggerakkan sesuatu.”

Ekspresi pemain Jerman Thomas Muller dan Nico Schlotterbeck setelah dikalahkan Spanyol dalam pertandingan perempat final Euro 2024 di Stuttgart Arena, Stuttgart, 5 Juli 2024. REUTERS/Angelika Warmuth

Pilihan Editor: Sanksi UEFA ke Merih Demiral Buat Erdogan Bakal Tonton Langsung Belanda vs Turki di Euro 2024

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *