Erick Progres Proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara IKN Capai 78 Persen

  • Share

Menteri BUMN  Erick Thohir mengungkapkan progres pembangunan lapangan upacara dan Istana Negara di IKN sudah mencapai 77,9%.(MI/Agung Wibowo)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan progres pembangunan lapangan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 dan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, sudah mencapai 77,9%. 

“Dengan masih menyisakan waktu sekitar sebulan, kami optimistis bisa menuntaskan arahan Presiden Jokowi agar lapangan upacara dan Istana Negara bisa selesai sesuai waktu,” harap Erick dalam keterangan resminya, Minggu (30/6).

Proyek lapangan upacara dan Istana Negara dikerjakan secara kerja sama operasional (KSO) oleh PT PP dan Wijaya Karya. Erick mengungkapkan fasilitas yang telah terbangun di antaranya area plaza tamu agung, lapangan upacara, area lobi dan area kolom 34 pilar.

Baca juga : Kantor Kemenko 1 di IKN Tampung Petugas Upacara HUT ke-79 RI

Untuk area interior terlihat ruang kredensial, ruang bendera pusaka dan ruang kegiatan resmi yang sudah hampir siap digunakan saat kegiatan acara upacara HUT RI ke-79 untuk menyambut tamu kenegaraan.

“Insyaa allah, HUT kemerdekaan perdana di IKN ini akan dihadiri para tamu dari dalam dan luar negeri,” imbuh Menteri BUMN.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad menambahkan pihaknya optimis dapat menyelesaikan proyek-proyek di IKN selesai tepat waktu, terutama proyek lapangan upacara dan Istana Negara untuk digunakan upacara hari kemerdekaan.

Selain PT PP, perusahaan BUMN karya lainnya yakni PT Waskita Karya juga bertanggung jawab dalam menyelesaikan proyek pembangunan di IKN. Proyek tersebut ialah Gedung Sekretaris Presiden dengan progres pembangunan mencapai 91,12%.

Kemudian, pembangunan gedung Kementerian Koordinator 3 yang meliputi bidang politik dan keamanan dengan progres 80,14%, serta Kementerian Koordinator 4 yang mencakup bidang pembangunan manusia dan kebudayaan memiliki progres 85,22%. Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho menuturkan proyek Gedung Sekretariat Presiden, Kemenko 3 dan 4 akan selesai di tahun ini.  (Z-3)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *