Eks Penyidik Ini Ungkap 3 Kriteria Penting Calon Pimpinan KPK

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap turut menyoroti panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) KPK yang akan dimulai 26 Juni 2024. Dia pun mengungkap tiga kriteria penting yang harus dimiliki pansel. 

Awalnya Yuri mengatakan ada pro dan kontra terhadap nama-nama anggota pansel. Namun, dia percaya pansel telah melalui penyaringan dan proses seleksi. 

“Tentu dipilih orang-orang yang menurut presiden rekam jejaknya baik disertai keahlian dan juga pengalaman bisa menyeleksi calon pimpinan KPK yang sesuai harapan masyarakat,” kata Yudi, Jumat (31/5/2024). 

“Tentu presiden ingin meninggalkan legasi dalam pemberantasan korupsi dengan terpilihnya Pimpinan KPK yang terbaik dan berintegritas,” ujarnya. 

Menurut Yudi, pansel telah terbentuk dan mulai berkerja, serta sudah memahami bahwa ada beban berat bagi mereka dalam melakukan seleksi pimpinan kpk saat ini. 

“(Terlebih) di tengah kondisi KPK yang sedang tidak baik baik saja dan menyampaikan akan mendengar aspirasi publik,” katanya. 

Untuk itu, pansel harus memiliki keberanian untuk mencoret calon pimpinan bermasalah. Serta menjunjung tinggi transparansi selama melaksanakan tugas. 

“Tahap demi tahap hingga terpilihnya 10 orang capim yang akan diserahkan ke DPR,” ucapnya. 

Yudi menilai, ada tiga kriteria penting yang harus dipedomani pansel yaitu:

1. Tidak bermasalah dari sisi integritas dan tidak menjadi masalah baru ketika menjadi pimpinan KPK

2. ⁠Dipercaya akan mampu meningkatkan kepercayaan publik

3. ⁠Dipercaya akan meningkatkan kinerja KPK dan berprestasi dalam memberantas korupsi

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *