Dukung Produktivitas Pertanian, Pupuk Indonesia Pasok 4.800 Ton Pupuk Subsidi ke Bone

  • Share

JAKARTA, iNews.id – PT Pupuk Indonesia (Persero) memasok lebih dari 4.800 ton pupuk subsidi ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Proses distribusi dilakukan sejak awal Juli 2024.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengatakan, perusahaan menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang agar penyaluran pupuk subsidi di 27 kecamatan di Bone berjalan baik. 

Fasilitas tersebut di antaranya empat gudang Lini III (tingkat kabupaten), tujuh distributor, 139 kios, dan lima petugas lapang yang akan memastikan distribusi dan penyaluran berjalan sesuai dengan aturan, termasuk melakukan pengawasan. 

Panji menjelaskan, lahan pertanian di Bone sebagian besar merupakan tadah hujan. Agar tetap produktif, pemerintah melakukan perbaikan irigasi melalui bantuan 300 pompa untuk irigasi.

Pasalnya, selama ini petani hanya mengandalkan air hujan untuk pengairan, sehingga dalam setahun, petani hanya bertani satu kali saja.

“Dengan adanya bantuan pompa irigasi dari pemerintah, petani di Bone sekarang sudah bisa menggarap lahannya hingga tiga kali dalam setahun, sudah seperti lahan pertanian di Indonesia pada umumnya,” ujar Panji dalam keterangannya dikutip, Minggu (7/7/2024). 

“Agar mendapatkan hasil yang optimal tentu diperlukan ketersediaan pupuk sehingga produktivitasnya meningkat dan kesejahteraan petani juga bertambah,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *