Dubes Vasyl Hamianin Sebut Rusia Tak Punya Niat Berdamai: Ukraina Terus Dibombardir

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin menyebut Rusia tidak mempunyai niat untuk berdamai dengan Ukraina. Meskipun Summit on Peace in Ukraine digelar pada beberapa waktu lalu, Rusia tidak menginginkan perdamaian.

“Sepertinya tidak ada niat baik bagi Rusia untuk berdamai. Selama beberapa tahun terakhir, dan terutama selama dua setengah tahun terakhir, bahwa mereka tidak menginginkan perdamaian,” kata Vasyl dalam press briefing di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Menurut Vasyl, Rusia juga tidak berkomitmen dalam KTT G20 di Bali. Usai pertemuan tersebut, Rusia justru meluncurkan lebih 100 rudal dan salah satunya mengenai infrastruktur di Ukraina.

“Jadi hari pertama berakhir, Presiden Joko Widodo menyebutkan seperti mari kita hentikan perang. Pada malam harinya, Rusia meluncurkan lebih dari 100 rudal, satu rudal ke infrastruktur sipil di Ukraina yang merupakan serangan paling masif ke Ukraina sejak awal perang,” katanya.

Tindakan tersebut, kata dia bukti Rusia terus membombardir Ukraina setiap hari. Bom, rudal, hingga pesawat tak berawak menghancurkan infrastruktur dan membunuh rakyat Ukraina. 

“Rusia seperti membangun tatanan dunia baru, di mana Rusia akan duduk sebagai kediktatoran sebagai salah satu kekuatan yang berkuasa. Itulah tujuan rezim Rusia, mereka tidak menginginkan perdamaian,” tuturnya.

Editor : Faieq Hidayat

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *