Dua Opsi Seleksi Mandiri IPB, Tahun Ini Diikuti 4.998 Peserta

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Insitut Pertanian Bogor (IPB) atau IPB University melaksanakan ujian Seleksi Mandiri secara daring pada Ahad, 30 Juni lalu. Pada tahun ini, terdapat 4.998 peserta yang bersaing memperebutkan sisa kuota penerimaan di program sarjana, melalui jalur Seleksi Mandiri.

Wakil Rektor IPB bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Deni Noviana, mengatakan ada dua opsi penerimaan mahasiswa program sarjana lewat jalur mandiri, yakni dengan skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan melalui ujian. Hasil seleksi ini akan diumumkan pada pekan depan, 10 Juli 2024.

“Secara total, IPB University menerima 7.940 mahasiswa. Jalur Mandiri mendapat kuota 30 persen,” katanya melalui keterangan tertulis, Rabu, 3 Juli 2024.

Pelaksanaan Seleksi Mandiri di IPB, Deni meneruskan, tak banyak berbeda dari tahun lalu. Namun, sesuai kebijakan nasional panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada 2024, Seleksi Mandiri tidak bisa diikuti siswa yang sudah diterima di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Data peserta yang sudah melakukan registrasi pasca SNBP akan terkunci di sistem secara otomatis.

Iklan

Dia memastikan IPB menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ujian. Selain mengetatkan pengarahan dan bimbingan kepada para peserta, kampus di Bogor ini menyiapkan perangkat dan sistem ujian melalui grup di aplikasi Telegram.

“Demi kelancaran ujian, panitia juga melakukan uji coba, sehari sebelum pelaksanaan,” tutur Deni. 

Pilihan Editor: Microsoft Deteksi 300 Kelompok Hacker Tahun Lalu, Ada Geng Ransomware Mirip Penyerang PDNS

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *