Donald Trump tak Masalah Jalani Hukuman Penjara dari 34 Dakwaan Kasus Kejahatannya

  • Share

Donald Trump telah dinyatakan bersalah oleh juri atas 34 dakwaan pelanggaran berat karena memalsukan catatan bisnis.(AFP.)

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan tidak masalah dengan kemungkinan menjalani hukuman penjara atau tahanan rumah setelah dinyatakan bersalah atas 34 dakwaan dalam persidangan pidana yang bersejarah di New York, Kamis (30/5). Ia dinyatakan bersalah dalam memalsukan catatan bisnis.

“Saya setuju dengan hal itu,” kata Trump kepada Fox News dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu (2/6)

Ketika ditanya tentang kemungkinan hukuman, Trump menngungkapkan pengacaranya pernah berkomentar di salah satu stasiun televisi bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan oleh mantan presiden. Trump kemudian mengatakan “Kamu tidak perlu mengemis.”

Baca juga : Tok! Donald Trump Dinyatakan Bersalah atas 34 Dakwaan Pemalsuan Catatan Bisnis

Kendati demikian, Trump mengatakan masyarakat AS tidak akan mendukung pemenjaraan dirinya.  “Saya tidak yakin publik akan mendukungnya.  Saya kira itu akan sulit diterima oleh publik. Kita tahu pada titik tertentu, ada titik puncaknya,” jelasnya. 

Trump adalah mantan presiden pertama yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan dan calon presiden dari partai besar pertama yang dihukum karena kejahatan di pengadilan

Trump menghadapi 34 dakwaan pelanggaran berat karena memalsukan catatan bisnis sebagai bagian dari dugaan skema untuk membungkam klaim hubungan seksual di luar nikah selama kampanye presiden 2016-nya.

Baca juga : Vonis Donald Trump: Peluang Penjara Rendah, Banding Hampir Pasti

Hukuman Trump dijadwalkan pada 11 Juli, empat hari sebelum Konvensi Nasional Partai Republik dimulai. Hakim dapat menjatuhkan hukuman percobaan kepada Trump atau hingga 4 tahun penjara pada setiap dakwaan, dengan maksimal hukuman 20 tahun penjara. 

Trump menegaskan bahwa dia tidak melakukan kesalahan apa pun. “Saya memperjuangkan Konstitusi,” kata Trump, yang menganggap bahwa persidangan tersebut lebih berat dirasakan keluarganya dibandingkan dirinya sendiri..

Secara khusus Trum berbicara tentang istrinya, Melania Trump. “Dia baik-baik saja, tapi menurut saya itu sangat sulit baginya. Maksudku, dia baik-baik saja. Tapi itu… kau tahu, dia harus membaca semua omong kosong ini,” kata Trump. (CNN/P-5)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *