Ditjen Imigrasi Pastikan Layanan Perlintasan, Visa, hingga Paspor Telah Normal setelah Sepekan PDN Diretas

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim memastikan layanan perlintasan, visa, izin tinggal, dan paspor telah beroperasi normal pada Jumat, 28 Juni. Sebelumnya, layanan imigrasi sempat terkendala usai Pusat Data Nasional (PDN) diretas sejak Kamis pekan lalu. 

“Sejak gangguan di PDN Kementerian Kominfo terjadi pada Kamis pekan lalu, kami melakukan langkah-langkah penanganan, dimulai dari mengeluarkan kebijakan yang responsif dan adaptif untuk menangani dampak serangan siber tersebut,” kata Silmy Karim dalam keterangan tertulis pada Sabtu, 29 Juni 2024. 

Sistem perlintasan sudah pulih dan beroperasi sejak Sabtu malam, 22 Juni 2024. Autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Ahad, 23 Juni 2024. Aplikasi M-Paspor dan Cekal Online beroperasi kembali pada Ahad, 23 Juni 2024, dan sistem penerbitan paspor pulih sepenuhnya pada Jumat kemarin. 

Silmy menjelaskan timnya telah memeriksa secara manual dan terdokumentasi sebagai bentuk penanganan paling awal pada sistem perlintasan di tempat perlintasan imigrasi (TPI) bandara dan pelabuhan. Meski proses masuk-keluar bandara terganggu, Silmy menyebut Imigrasi tetap memiliki record perlintasan. 

“Pengambilan keputusan pemindahan data center dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis di PDN Kementerian Kominfo terjadi. Kami mengamati perkembangan recovery PDN yang tidak menunjukan hal positif di hari pertama gangguan. Untuk menangani kendala sistem, langkah awal yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi, yaitu memastikan status database Imigrasi di PDN. Selanjutnya tim menyusun Application Recovery Plan membentuk Satgas Pemulihan Layanan Imigrasi dan melakukan inventarisasi kebutuhan teknis,” kata dia. 

Tak hanya itu, Silmy bercerita sejak Kamis, 20 Juni pekan lalu Tim IT Ditjen Imigrasi memindahkan dan mengintegrasikan data back up Imigrasi ke data center baru. Pada hari Jumat, 21 Juni esok hari pemulihan sistem menunjukkan tanda-tanda positif. 

Selanjutnya: Pemulihan layanan Imigrasi secara bertahap dimulai dari Cekal Online….

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *