Deretan Penyakit Ini Rentan Serang Hewan Kurban jelang Idul Adha

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1446 H. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan dimulai pada 13 Mei 2024, dengan fokus pada tempat penampungan hewan kurban. Tim KPKP akan memeriksa dokumen administrasi, kesehatan fisik hewan, dan sampel untuk penyakit anthrax.

“Pemeriksaan dokumen administrasi lalu lintas hewan, lalu pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan di tempat penampungan hewan kurban,” kata Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati, Jumat (10/5/2024).

Selain pemeriksaan, KPKP juga akan melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), dan Anthrax pada populasi ternak ruminansia di DKI Jakarta.

KPKP mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih hewan kurban. Pastikan hewan kurban yang dibeli berasal dari tempat terpercaya dan telah diperiksa kesehatannya oleh petugas.

Jika menemukan hewan kurban yang menunjukkan gejala sakit, seperti demam, lesu, nafsu makan menurun, atau keluar cairan dari hidung atau mulut, segera laporkan kepada petugas Dinas KPKP di wilayah setempat.

Daftar Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) yang perlu diwaspadai:

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Lumpy Skin Disease (LSD)
Anthrax
Brucellosis
Cacing Hati
Rabies
Newcastle Disease (Tetelo)
Avian Influenza (Flu Burung)

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *