Deretan Fitur iOS 18 yang Baru Diperkenalkan Apple, Peningkatan Home Screen hingga Privasi

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Apple mengumumkan iOS 18 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC). Sistem operasi terbaru Apple ini membawa sejumlah peningkatan. 

Salah satu fitur penting dalam update yakni diperkenalkannya lebih banyak opsi batas pengisian daya untuk pengguna iPhone dan iPhone 15 Pro. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan lainnya. 

1. Peningkatan Home Screen, Control Centre, Photos app, dan Mail

iOS 18 memperkenalkan peningkatan signifikan untuk berbagai aspek pengalaman pengguna. Home screen sekarang memungkinkan pengguna mengatur aplikasi dan widget di mana pun. 

Control Centre telah didesain ulang untuk mempermudah akses kontrol ke aplikasi yang sering digunakan. Bahkan, ini dapat disesuaikan dengan aplikasi pihak ketiga. 

Aplikasi Photos menampilkan satu tampilan terpadu untuk semua foto, koleksi baru, tampilan carousel untuk sorotan, dan konten yang diputar otomatis untuk pengalaman dinamis. 

Sementara Mail mengategorikan email dalam Primary, Transactions, Update, dan Promotions dengan tampilan intisari baru untuk pemindaian cepat email bisnis. 

2. Peningkatan Messages, Safari, Password app, Healty, dan Privacy

Messages sekarang mendukung komunikasi satelit, sehingga memungkinkan pengguna mengirim teks tanpa cellular atau Wifi. Kemudian memperkenalkan efek teks baru, opsi formatting, tapback yang diperluas, penjadwalan pesan, dan dukungan RCS untuk perangkat non-Apple. 

Safari mengumumkan fitur Highlight yang menampilkan halaman informasi dan redesain Reader mode dengan summaries serta table konten. Aplikasi password baru sekarang menggabungkan kata sandi, passkeys, Wifi password, dan kode verifikasi dengan peringatan untuk password lemah yang digunakan kembali atau bocor. 

Update kesehatan dan keselamatan mencakup Medical ID yang didesain ulang, manajemen data terkait halaman, dan video langsung SOS Darurat untuk berbagi konteks selama panggilan darurat, sebagaimana dikutip dari Gizmo China. 

Fitur privasi sekarang memungkinkan mengunci dan menyembunyikan aplikasi dengan Face ID, Touch ID, atau kode sandi, hanya berbagi kontak tertentu dengan aplikasi, dan peningkatan privasi untuk menghubungkan aksesori pihak ketiga. 

3. iOS 18 Bawa Apple Intelligence, Additional Features

Apple Intelligence menawarkan alat tulis untuk menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks, Image Playground untuk membuat gambar animasi, ilustrasi, atau sketsa, serta alat Pembersihan di Photos untuk menghilangkan objek yang mengganggu. 

Siri meningkatkan respons yang lebih alami dan relevan secara kontekstual. Perlu dicatat, Apple Intelligence akan tersedia untuk iPhone yang didukung A17 Pro. 

Sistem AI akan diintegrasikan dengan Mac dan iPad yang didukung oleh chip M1, M2, M3, dan M4. Anda dapat mengunjungi postingan ini untuk mempelajari lebih lanjut secara detail tentang Apple Intelligence.

Fitur tambahannya juga mencakup rute jalan kaki khusus offline dan pendakian di Apple Maps, Mode Game untuk frame rate yang konsisten dan aksesori responsif. 

Editor : Dini Listiyani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *