Demokrat Bilang Prabowo Sedang Mendesain Struktur Kabinet, Sebut Ada Rencana Pemisahan Kementerian

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Salah satu topik yang menjadi perhatian publik setelah penetapan itu adalah soal penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan Prabowo masih dalam tahap mendesain struktur kabinet di pemerintahannya nanti.

Dia menuturkan struktur kabinet yang dimaksud salah satunya mengenai rencana membuat badan penerimaan maupun badan pengeluaran di luar Kementerian Keuangan hingga rencana memisahkan Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Kehutanan.

“Jadi memang baru bagaimana struktur kabinet yang akan datang, belum sampai pada tahap siapa saja orang-orang yang akan menempati kursi kabinet,” ungkap Andi dalam diskusi daring bertajuk ‘Demokrasi Tanpa Oposisi’ pada Sabtu, 4 Mei 2024 seperti dikutip Antara.

Andi mengaku belum mengetahui siapa saja yang akan diminta Prabowo untuk mengisi kursi kabinet dari Partai Demokrat, tetapi biasanya partainya akan diminta menyiapkan kader untuk menjadi menteri.

Untuk itu, kata dia, Partai Demokrat sedang menyiapkan para kader, tetapi akan kembali bergantung dari posisi yang ditawarkan nantinya. Meski demikian, Andi menuturkan hal tersebut belum dibicarakan.

Menurut dia, kejelasan mengenai orang orang yang akan ditempatkan di kabinet Prabowo baru akan muncul mendekati Oktober 2024 atau saat Prabowo-Gibran dilantik menjadi presiden dan wakil presiden.

Apabila sudah ada kejelasan tersebut, Andi mengatakan barulah Demokrat akan lebih jelas dalam mempersiapkan kader-kader yang memiliki kapasitas di bidang tertentu.

“Jadinya sekarang masih dalam tahap desain kabinet dan itu waktunya panjang, masih enam bulan,” ujar dia.

Soal Kursi Menteri, Demokrat Utamakan AHY

Sebelumnya, Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan partainya sudah menyiapkan nama calon menteri untuk kabinet Prabowo.

Herzaky menyebutkan Prabowo sebelumnya sudah meminta Demokrat menyiapkan kader terbaik untuk menjadi menteri pada kabinet pemerintahannya. Dia lalu mengatakan partainya akan mengutamakan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY untuk menjadi menteri nantinya.

Iklan

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *