Contoh Teks Tanggapan yang Wajib Dipahami Siswa

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Contoh teks tanggapan jadi pembahasan menarik. Jenis teks ini biasa kita temukan di mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Mengutip Tafonao dkk (2022), dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19, teks tanggapan merupakan sebuah teks yang berisikan tanggapan atau komentar terhadap berbagai peristiwa, fenomena, atau sebuah karya. 

Teks tanggapan biasanya berisikan pengalaman atau penilaian seseorang terhadap suatu karya. Selain itu, teks satu ini juga digunakan untuk menanggapi kondisi tertentu. 

Teks tanggapan bentuknya dapat berupa pujian atau kritikan. Serta, harus disampaikan secara santun dan objektif dengan struktur: evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang. 

Nah, berikut contoh teks tanggapan yang telah iNews.id kutip dari berbagai sumber, Sabtu (4/5/2024). 

Contoh Teks Tanggapan

1. Contoh Teks Tanggapan Pilihan SMA atau SMK

Evaluasi:

Bagi kamu yang telah selesai menempuh pendidikan di SMP, tentu akan banyak sekali mengalami kebingungan dalam 2 pilihan, yakni memilih antara lanjut ke SMA atau ke SMK. 

Setiap pilihan akan berujung pada konsekuensinya masing-masing di masa depan. Menentukan pilihan antara SMA atau SMK, tentu harus dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan.

Deskripsi:

Jika memilih lanjut di SMA akan memudahkan kita untuk memasuki perguruan tinggi nantinya. Namun, tentu saja sesuai dengan bidang yang kita pilih saat di SMA. 

Contohnya, jika kita memilih jurusan IPA di SMA, maka pilihan jurusan di perguruan tinggi pun akan lebih mudah dimasuki jika berkaitan dengan ilmu IPA. Begitu pula dengan jurusan IPS ataupun Bahasa. 

Ketika memilih lanjut di SMK, nantinya setelah lulus, kita bisa langsung bekerja tanpa harus kuliah terlebih dahulu. Pekerjaan tersebut tentunya sesuai dengan jurusan yang dipilih saat di SMK.

Kemudian, apabila ditinjau dari segi praktik lapangan, di SMK tentunya kita akan lebih banyak mendapat praktik lapangan. Sedangkan di SMA, kita akan lebih fokus pada teori. Kalaupun ada praktik, biasanya hanya untuk mata pelajaran tertentu.

Penegasan Ulang:

Dari penjelasan tersebut, tentunya kita bisa menyadari bahwa baik SMA maupun SMK memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita yang memilih apakah lebih ingin masuk SMK atau SMA.

2. Contoh Teks Tanggapan Tentang Kebiasaan Olahraga

Evaluasi:

Banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga, karena olahraga menjadi sumber kesehatan manusia. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan saat ini, seperti jogging, bermain bola, bersepeda, dan sebagainya.

Deskripsi:

Olahraga merupakan satu di antara aktivitas yang digemari sebagian orang. Olahraga memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membantu terhindar dari berbagai penyakit, seperti membantu pencegahan hipertensi, mengurangi penyakit stroke, mencegah kanker, mengurangi kegelisahan, dan sebagainya.

Namun, olahraga juga dapat menimbulkan efek negatif apabila dilakukan secara berlebihan, seperti menyebabkan gagal jantung, menyebabkan cedera, gangguan menstruasi pada wanita, sulit tidur, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan depresi.

Penegasan Ulang:

Kita memang bisa menjaga kesehatan dengan cara rutin berolahraga. Namun, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena justru akan menyebabkan dampak buruk pada tubuh. Lakukan olahraga sesuai kondisi tubuh masing-masing, sehingga kita bisa menjadi sehat dan bugar untuk melakukan berbagai aktivitas.

3. Contoh Teks Tanggapan Singkat Tentang Dampak Buruk Gadget

Evaluasi:

Aturan yang melarang siswa menggunakan telepon pintar selama pelajaran perlu digalakkan karena penggunaan telepon pintar sebenarnya hanya diperlukan pada kondisi tertentu saja saat di sekolah. Selama pelajaran berlangsung, tidak jarang siswa yang ketahuan bermain telepon pintar. Baik itu bermain medsos, bermain video game, maupun kegiatan lainnya.

Deskripsi:

Telepon pintar terkadang juga dijadikan bahan ajang pamer di kalangan siswa. Perilaku semacam ini tentunya dapat mengganggu proses belajar-mengajar. Belum lagi adanya peristiwa kehilangan telepon pintar yang membuat kecurigaan antarsiswa menjadi meningkat.

Penegasan Ulang:

Namun, dalam keadaan tertentu, adanya telepon pintar juga memiliki dampak yang baik dan sangat membantu siswa dalam belajar. Misalnya, pada saat pelajaran berlangsung, guru meminta siswa untuk mencari referensi atau membaca sumber tertentu. 

Oleh karena itu, saya mendukung larangan penggunaan telepon pintar selama pelajaran, kecuali atas izin dari guru. Siswa tidak perlu dilarang membawa telepon pintar ke sekolah, namun penggunaannya harus bijaksana dan tepat guna.

4. Contoh Teks Tanggapan Tentang Transportasi Umum di DKI Jakarta

Evaluasi:

Dulu, saya selalu menganggap bahwa Jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sampai sekarang pun juga masih ada saja kemacetan yang kita temui di jalan.

Deskripsi:

Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat membantu mengurangi kemacetan dan memudahkan orang untuk pergi kemana-mana. 

Namun, ada kalanya juga MRT dan Transjakarta membuat saya tidak nyaman akibat armadanya yang selalu penuh. Akhirnya orang akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan karena harus menunggu armada selanjutnya. 

Hal ini dapat menyebabkan banyak orang beralih kembali ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol yang lebih hemat waktu.

Namun, dikutip dari Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020, akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. 

Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan karena sebelumnya, pada tahun 2019, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia dengan tingkat kemacetan sebanyak 53%.

Penegasan Ulang:

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi Pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan Jakarta menuju arah yang lebih baik. Meskipun harus diakui bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan.

Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum juga perlu ditingkatkan lagi, seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT, dan juga angkutan umum lainnya. 

Tentunya hal ini juga diiringi dengan penambahan armada sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5. Contoh Teks Tanggapan Tentang Gerhana

Evaluasi:

Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, apa benar melihat gerhana matahari secara langsung bisa menyebabkan buta?

Deskripsi:

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari, dan bulan, sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada saat itu, bulan akan melintas di antara bumi dan matahari, sehingga untuk beberapa waktu, cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan. 

Ketika fase itu terjadi, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan.

Lantas apa hubungan fenomena tersebut dengan kebutaan mata?
Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

Faktanya yang benar adalah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina. 

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kita memandang. Penyakit ini terbilang sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya, bisa jadi ketika fase gerhana matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin . 

Tetapi, ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya.

Penegasan Ulang:

Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern. Faktanya, sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari-hari.

6. Contoh Teks Tanggapan Tentang Kabut Asap 

Evaluasi:

Akhir akhir ini kerap kali pemirsa TV disuguhi oleh berita tentang tebalnya kabut asap yang menerpa Kepulauan Riau. Kabut asap yang muncul tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas.

Banyak sekali warga riau yang merasa terganggu dan akhirnya mengeluh tentang bencana dan permasalahan ini. Tidak sedikit pula warga di luar Kepulauan Riau yang merasa prihatin atas terbakarnya kawasan hutan di kepulauan tersebut.

Deskripsi:

Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tahu pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. 

Ada yang berpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.

Jika diselidiki, kita tidak terlalu tahu alasan bagaimana hutan di Riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga masih menyelidiki bencana tersebut. 

Namun, dampak dan efek negatif dari bencana ini dengan sangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.

Penegasan Ulang:

Seperti pernyataan yang sebelumnya telah dijelaskan, kebakaran hutan yang terjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan.

Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran sehingga mereka kesulitan untuk memadamkannya. Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman dan pencegahan ini karena sampai saat ini masyarakat dirasa hanya mampu mengeluh tanpa bisa bertindak.

7. Contoh Teks Tanggapan Penggunaan Galon Sekali Pakai

Evaluasi:

Untuk alasan kebersihan dan steril, penggunaan galon sekali pakai saat ini beredar cukup luas di kalangan masyarakat. Namun, gagasan ini merupakan tindakan yang tidak mempedulikan efek dan dampaknya bagi lingkungan, yaitu menyebabkan peningkatan sampah plastik.

Deskripsi:

Selama ini, bumi kita sudah cukup kesakitan akibat berbagai pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global yang setiap tahunnya semakin memperburuk keadaan. 

Dilansir dari NASA, tercatat suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2,05 derajat Fahrenheit (1,14 derajat Celcius) sejak akhir abad ke-19.

Peningkatan suhu bumi ini berdampak nyata dengan setiap tahunnya menyebabkan gletser es di kutub terus mencair dan juga terjadinya perubahan iklim lainnya, seperti cuaca ekstrem dan lain-lain. Dengan beredarnya galon sekali pakai ini, tentu hanya akan memperparah kondisi tersebut.

Penegasan Ulang:

Saya sebagai penanggap berharap pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kebijakan untuk peredaran galon sekali pakai ini, dan mengoptimalkan upaya penggunaan produk-produk yang merupakan hasil daur ulang. 

Sehingga, dapat mengurangi adanya limbah-limbah plastik dan juga terjadinya pencemaran lingkungan.

8. Contoh Teks Tanggapan Tentang Anime 

Evaluasi:

Di zaman sekarang, banyak orang yang sangat menyukai anime. Terutama, pada remaja, anak dan bahkan orang dewasa. Anime adalah animasi produksi Jepang yang sering ditandai dengan gambar bergerak khas Jepang yang menunjukkan banyak cerita dan tempat.

Deskripsi:

Anime memiliki kekhususan dari gaya manga (komik Jepang). Dengan grafis yang bagus untuk sebuah plot yang menawan berhasil membuat orang di Indonesia menyukainya. Namun tentu, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton Anime, itu akan mengganggu teknik berkomunikasi dengan orang lain dan menyebabkan orang untuk menjadi antisosial. 

Selain itu, orang yang mencintai anime sering akan melupakan istirahat malam karena waktu malam digunakan untuk terus menonton anime.

Tapi keesokan harinya mereka harus pergi ke sekolah, bekerja dan melakukan rutinitas lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan manfaat pada anak. Namun, ada sisi positif yang dapat diambil dari anime. 

Ada banyak cerita dalam anime yang berisi pesan moral yang baik dan dapat diterapkan dalam hidup.

Penegasan Ulang:

Anime, tentu juga banyak memberikan hal positif yang dapat diambil, apakah dari budaya Jepang itu sendiri atau pesan moral yang sengaja disisipkan dalam tayangan. Baik atau buruknya anime, tergantung pada orang yang menikmatinya.

Jika dapat memilih antara baik dan buruknya, maka tentu akan lebih mudah menyortir atau melakukan filter pada tayangan anime. Jadi, membuat anime hanya sebagai hiburan.

9. Contoh Teks Tanggapan Tentang Selfie 

Evaluasi:

Perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah pesat. Dengan berkembangnya gagdget yang semakin lama semakin canggih, membuat orang-orang semakin gemar berselfie. Khususnya di kalangan remaja. 

Banyak para remaja perempuan yang berlebihan dalam berselfie. Hal ini membawa dampak dan pengaruh buruk bagi mereka, dalam konteks agama maupun sosial.

Deskripsi:

Banyak orang yang beranggapan bahwa selfie adalah ekspresi diri. Menurut mereka, berswafoto atau selfie dapat membangkitkan semangat atau kepercayaan untuk diri sendiri. Selfie juga sebagai cara untuk mengabadikan momen-momen penting bersama teman dan keluarga.

Pendapat tersebut memang benar, tetapi banyak juga yang beranggapan bahwa selfie mendatangkan dampak negatif. Dampak negatif berselfie yaitu melenceng dari ajaran agama Islam.

Kebanyakan para remaja perempuan yang berselfie tanpa menggunakan jilbab dan memamerkan auratnya. Foto selfie yang seperti itulah yang sudah bertentangan dengan agama dan dapat menarik perhatian orang untuk berbuat jahat. 

Selain itu, selfie dengan memamerkan data pribadi juga sangat membahayakan. Misalnya, selfie dengan menunjukkan KTP atau identitas tertulis lainnya.

Penegasan Ulang:

Oleh karena itu, para remaja perempuan dan laki-laki seharusnya berselfie dengan bijak. Jangan berlebihan dan tidak melanggar aturan-aturan agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

10. Contoh Teks Tanggapan Tentang Pergaulan Bebas

Evaluasi:

Zaman sekarang banyak sekali remaja yang terjebak pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku yang menyimpang, di mana kata “bebas” artinya melewati batas, tidak seperti norma yang kita jaga di Indonesia.

Deskripsi:

Pergaulan bebas mempunyai dampak yang sangat negatif. Misalnya, melakukan hal yang melanggar hukum, akibat dari mabuk kemudian mengendarai kendaraan di jalanan juga dapat menyebabkan kecelakaan, meningkatkan kriminalitas dan lain sebagainya.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, nafsu, penasaran, lingkungan sosial di rumah yang tidak mendukung, hidup sendiri, dan lain sebagainya. Selain itu, teknologi juga berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas. 

Akses internet yang kurang atau bahkan tidak diawasi akan memicu remaja untuk melakukan hal yang tidak baik.

Penegasan Ulang:

Ketika kita sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Tentunya, dengan mengawasi pemanfaatan internet sebaik mungkin.

Demikian ulasan mengenai contoh teks tanggapan. Semoga bermanfaat!

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *