Cara Menyimpan Daging Sapi agar Kualitas Tetap Baik, Jangan sampai Keliru!

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Daging salah satu sumber protesin yang digemari sebagian besar orang. Namun, mengolah dan menyipan daging harus melalui berbagai proses khusus agar kualitas dan kenikmatannya tetap terjaga. 

Tak banyak orang yang menaruh perhatian khusus pada pcara penyimpanan daging yang benar. Kebanyakan orang hanya fokus pada bumbu dan cara pengelohannya saja. 

Celebrity Chef Yuda Bustara mengatakan daging yang dibeli dalam suhu ruangan, sebaiknya dibiarkan dalam suhu ruangan dulu. Namun, jika tidak ingin langsung diolah, sebaiknya segera dimasukkan ke freezer. 

“Daging itu pokoknya kalau abis beli dari supermarket atau mana pun biasanya diperhatikan dalam kondisi apa dibelinya. Kalau belinya room temperature berarti dibiarkan aja room temperature,” kata Chef Yuda Bustara saat ditemui di kawasan Kuningan beberapa waktu lalu.

Namun apabila Anda membeli daging dalam kondisi beku, maka Anda bisa langsung simpan kembali ke freezer jika tak ingin langsung dimasak. “Tapi kalau beku, berarti abis sampe rumah langsung dibekukan lagi sampai mau di pakai,” ujarnya.

Chef Yuda Bustara menyatakan Anda juga bisa memarinasi daging sapi dengan bumbu lalu menyimpannya di freezer, jika ingin dikonsumsi beberapa hari atau seminggu ke depan.

Namun hindari menyimpan marinasi daging terlalu lama. Mengingat, ini akan mempengaruhi cita rasa daging dan teksturnya.

“Kalau misalnya disimpan tapi udah dimarinasi garam atau bumbu lain, tapi dipakenya masih beberapa hari ke depan, berarti harus dimasukkan freezer,” tutur Chef Yuda Bustara.

Anda juga perlu memerhatikan perubahan suhu saat menyimpan daging. Anda tak bisa berkali-kali mengeluarkan dan memasukkan daging ke freezer atau lemari pendingin. 

Perubahan suhu yang berkali-kali itu bisa membuat kualitas daging menurun. Bahkan, kebiasaan itu membuat tekstur daging lebih kering saat diolah. 

“Sekali doang, jangan dua kali ya. Biasanya ibu-ibu suka plin plan, udah dicairin tapi gak jadi dimakan, terus dimasukin freezer lagi. Jangan, nanti kualitasnya akan berkurang dan ini bikin dagingnya agak kering,” tuturnya. 

Editor : Dini Listiyani

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *