BPIP Lakukan Pengecekan Akhir Persiapan Upara Hari Lahir Pancasila

  • Share

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina dan Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto, melakukan pemantauan kesiapan upacara Harlah Pancasila(Dok )

DUA Hari Menuju Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024, Wakil Kepala BPIP Tinjau Kesiapan Lapangan dan Perangkat Upacara

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina didampingi Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto, melakukan pemantauan kesiapan lapangan upacara dan perangkat upacara jelang upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024, Rabu (29/05) di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai.

Peninjauan kesiapan tersebut dilakukan di tengah pelaksanaan gladi kotor persiapan upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024. Wakil Kepala BPIP meninjau kesiapan lapangan upacara serta segala perlengkapan yang akan didirikan di sekitarnya.

Baca juga : Kepala BPIP Tegaskan Peranan Budaya dan Ulama di Harlah Pancasila di Ciamis

Dalam peninjauan kesiapan itu, Ia juga menginstruksikan agar tenda  dan panggung yang akan digunakan pada upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 segera dibangun. Mengingat waktu persiapan menuju Harlah Pancasila 1 Juni 2024 tersisa dua hari lagi.

“Tenda, dan juga segala perlengkapan yang akan digunakan, panggung untuk berdiri inspektur upacara, segera dibangun dan dipastikan kekokohannya untuk menopang inspektur upacara saat gelaran upacara 1 Juni nanti.” ujarnya.

Selain kesiapan lapangan dan kelengkapannya, gelaran  pasukan, Paskibraka dan peserta upacara juga tak luput dari perhatian Pengarah Paskibraka Tingkat Pusat itu. 

Baca juga : Pengamalan Pancasila Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari-hari

Terlihat juga, koordinasi lintas kementerian/lembaga serta pemerintah daerah terus dilakukan dalam rangka mempersiapkan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024. Hadir dalam koordinasi di lapangan upacara, Pangdam I/Bukit Barisan serta Jajaran, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Kepala Kesbangpol Kota Dumai, Perwakilan dari Pertamina Hulu Rokan, dan Perwakilan dari Polda Riau.

Turut mendampingi Wakil Kepala dan Sekretaris Utama BPIP, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP, dan Kepala Biro Hukum dan Organisasi BPIP.

Setelah meninjau kesiapan lapangan upacara dan gladi kotor, Wakil Kepala BPIP didampingi Plt. Direktur Penyelenggara Program Paskibraka, Jajaran Pengurus DPPI dan Tim Kesehatan melakukan peninjauan ke Hall DCC Pertamina Hulu Rokan yang sedianya akan digunakan sebagai alternatif tempat upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 jika cuaca di Dumai hujan pada saat pelaksanaan upacara.

Baca juga : Feminisme Pancasila: Benteng Penolak Erosi Demokrasi

Ia juga meninjau Executive Messhall DCC yang akan digunakan sebagai tempat konferensi pers bersama media pada Kamis (30/05). Saat meninjau Executive Messhall DCC, Wakil Kepala BPIP sempat berdialog dengan pegawai Pertamina Hulu Rokan yang kebetulan tengah bekerja di sana.

Dialog yang dilakukan seputar latar belakang pendidikan dan pekerjaan dari para pegawai, juga mendiskusikan jarak dari tempat tinggal ke Pertamina Hulu Rokan Dumai. Dialog berjalan dengan penuh canda tawa dan keakraban.

Turut hadir dalam pemantauan tersebut, Jajaran dari TNI, Polri, Timkes PHR dan Timkes Paskibraka serta Pemerintah Provinsi Riau. Diharapkan, saat pelaksanaan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 cuaca akan bersahabat, agar upacara tetap bisa diselenggarakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai Riau. (Z-8)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *