BPBD DKI Deteksi Banjir Rob di Jakarta Utara, Area Depan JIS Sempat Tergenang

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan sejumlah area di Jakarta Utara sempat terendam banjir rob pada Selasa malam, 4 Juni 2024. Salah satu area yang terdampak adalah Jalan RE Martadinata, persisnya di depan Jakarta International Stadium (JIS), Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok.

“Sekitar pukul 19.45 WIB terdapat genangan air dengan ketinggian 5-10 centimeter (Cm),” katanya, dilansir dari Antara, Selasa malam.

Adji menyebut lalu lintas di lokasi terdampak masih terkendali. Di area JIS, genangan air masih berkisar 5-10 Cm hingga pukul 21.15 WIB. Tim BPBD sempat memantau Pintu Air Pasar Ikan di Jalan Krapu, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, pada pukul 21.27 WIB. Alirannnya dinilai masih aman.

Tinggi muka air di Pasar Ikan pada Selasa malam pukul 20.25 WIB sempat mencapai 250 Cm atau kondisi Siaga Banjir 1. Tapi, statusnya turun menjadi Siaga 2 pada pukul 21.25 WIB, dengan ketinggian 245 Cm.

Menurut Adji, BPBD DKI langsung meninjau stasiun pompa air Pasar Ikan dan berkoordinasi dengan petugas Dinas Sumber Daya Air. “Personel juga berjaga melaporkan kondisi tinggi muka air secara berkala,” katanya.

Iklan

Tim BPBD DKI Jakarta sebelumnya meminta masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir agar mewaspadai risiko banjir rob pada 4 -10 Juni 2024. Peringatan dini itu ditujukan untuk masyarakat di wilayah pesisir utara Jakarta, mulai dari Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke.

Melalui keterangan tertulis, Senin kemarin, Adji menyebut puncak pasang maksimum terjadi pada pukul 20.00-24.00 WIB. Sesuai informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Maritim Tanjung Priok, dia menyebut fenomena pasang terjadi saat fase Bulan Purnama.

“Berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum, berupa banjir pesisir atau rob, di wilayah pesisir utara Jakarta,” katanya.

Pilihan Editor: Kepala Otorita IKN Mundur Diganti Plt, Begini Problem Lingkungan yang Harus Dihadapi

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *