BNPT Ikut Amankan WWF ke-10 di Bali

  • Share

INFO NASIONAL – Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Bangbang Surono mengatakan, BNPT akan turut serta mengamankan pelaksanaan Acara Word Water Forum (WWF) ke-10 yang diselenggarakan di Bali, 18-25 Mei 2024 mendatang.

Menurutnya, BNPT sebagai leading sector memiliki peran penting dalam penanggulangan terorisme untuk mensukseskan event internasional guna menjaga citra Indonesia di mata dunia.

“BNPT sebagai leading sector penanggulangan teror memiliki tugas mengkoordinasikan dan melaksanakan pencegahan terhadap potensi aksi radikal terorisme yang dapat berdampak buruk terhadap citra Indonesia di mata dunia,” ujarnya, Jumat 19 April 2024.

Bangbang memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat yang telah melibatkan BNPT dalam kepanitiaan WWF ke-10  sesuai Keputusan Presiden RI.

“Masuknya BNPT secara resmi menjadi anggota dalam Panitia Nasional acara WWF ke-10 di Bali patut kita syukuri dan kita berterima kasih kepada pemerintah dan kepada masyarakat atas kesempatan dan kepercayaan tersebut”ujar Bangbang.

Iklan

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan sejumlah kegiatan seperti melaksanakan pra audit standar minimum serta evaluasi assesmen terhadap sistem pengamanan lingkungan dan objek vital nasional (obvitnas), serta melaksanakan koordinasi intelijen baik daerah dan pusat. 

BNPT selaku anggota bidang keamanan dan kesehatan, akan melakukan rapat koordinasi bersama panitia pelaksana di Bali, pada Sabtu 20 April 2024. Kehadiran BNPT pada rapat tersebut diwakili oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Roedy Widodo.

Adapun WWF diselenggarakan setiap tiga tahun sekali antara World Water Council atau Dewan Air Dunia dan negara tuan rumah. Forum ini menyediakan platform unik yakni komunitas air dan pengambil keputusan utama dapat berkolaborasi dan membuat kemajuan jangka panjang dalam mengatasi tantangan air global.

Forum ini mempertemukan peserta dari semua tingkatan dan bidang, termasuk politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Selama bertahun-tahun, jumlah orang yang berpartisipasi dalam forum ini telah meningkat baik dari komunitas internasional maupun negara tuan rumah.(*)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *