BNPB: KRI Akan Bantu Evakuasi Warga di Radius 6 Km Gunung Ruang

  • Share

SItuasi terkini erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024). Foto: Instagram/@infomitigasi

Status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, berada di Level IV atau Awas. Masyarakat di radius 6 km akan segera dievakuasi.

Kepala Pusdatin BNPB Abdul Muhari mengatakan butuh waktu 5 jam untuk melakukan evakuasi. Menurut dia, TNI AL juga akan membantu pelaksanaan evakuasi ini dengan menerjunkan KRI.

"Kita terus berkomunikasi dengan Lantamal di Manado dan kita juga dapatkan informasi bahwa besok dari Lantamal akan mendukung pengerahan KRI untuk mensupport pelaksanaan evakuasi," kata Abdul Muhari dalam jumpa pers Rabu (17/4) malam.

SItuasi terkini erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024). Foto: Instagram/@infomitigasi

"Jadi kalau ada KRI kemudian saat ini dalam proses evakuasi warga dari Gunung Ruang ke Tagulandang ada feri kecil itu dua unit, dan dari Basarnas itu ada satu, jadi ada empat kapal yang sudah pasti bisa mendukung," sambungnya.

Ia mengatakan, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto akan meninjau langsung proses tanggap darurat dan evakuasi ini.

"Kita harapkan pengerahan alat baik itu dari dukungan TNI-Polri maupun dari Kemenhub kita akan coba optimalkan sehingga bisa efektif dan dalam waktu yang efisien bisa evakuasi warga dari radius 6 km ini," kata dia.

Potensi masyarakat terdampak erupsi Gunung Ruang. Foto: Dok. BNPB

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *