Biodata dan Agama Calvin Verdonk, Bek NEC Nijmegen yang Siap Bela Timnas Indonesia

  • Share

JAKARTA, iNews.id Biodata dan agama Calvin Verdonk jadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Pemain NEC Nijmegen ini tinggal selangkah lagi membela Timnas Indonesia. 

Hal itu diketahui setelah Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan Surpres (Surat Presiden) permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dalam Rapat Paripurna ke-18 Masa Sidang tahun 2023-2024, Selasa (28/5). 

“Surat Nomor R-18 Pres tanggal 17 Mei 2024 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Calvin Ronald Verdonk dan saudara Jens Raven,” kata Dasco dalam sidang.

Calvin Verdonk jadi salah satu pemain keturunan yang segera dinaturalisasi oleh Pemerintah Indonesia. Nantinya dia akan menjalani acara sumpah setia sebagai WNI bersama pemain lainnya, Jens Ravens. 

Berita itu membuat publik penasaran dengan biodata dan agama Calvin Verdonk. Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/5/2024). 

Biodata dan Agama Calvin Verdonk

Calvin Verdonk lahir di Dordrecht, Belanda 26 April 1997. Pemain berusia 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. 

Hingga saat ini belum diketahui agama yang dianut oleh Calvin. Sebab, bek kiri bertinggi 1,74 m ini tidak pernah sekalipun mengunggah foto terkait kegiatan ibadahnya di media sosial pribadinya, salah satunya Instagram. 
Perjalanan Karier Calvin Verdonk di Level Klub

Menurut transfermarkt, Calvin di masa kecil sempat menimba ilmu sepak bola di akademi SC Amstelwijck. Setelah itu, ia pindah ke akademi lainnya, VV Wieldrecht. 

Bakat sepak bola Calvin akhirnya tercium oleh salah satu klub raksasa Eredivisie Belanda, Feyenoord. Sebelum main di tim senior, pemain berkaki kidal ini sempat main di tim U-17 dan U-19. 

Namun, sebelum main di tim senior Feyenoord, Calvin harus menjalani masa peminjaman dulu di berbagai klub Belanda. Sebut saja PEC Zwolle, NEC Nijmegen, dan FC Twente. 

Namun, baru bermain di 19 laga bersama tim senior Feyenoord. Calvin dilepas  secara gratis ke klub yang berkompetisi Liga Portugal, Famalicao pada musim 2020/2021. 

Sayangnya di klub barunya itu, Famalicao, Calvin tidak menjadi pilihan utama. Di musim perdananya ia hanya memainkan 15 laga di semua kompetisi dan mencatatkan 1 assist. 

Di awal musim 2021/2022, Calvin dipinjamkan selama semusim ke klub NEC Nijmegen. Tidak disangka, di masa peminjamannya di klub yang bermarkas di Goffertstadion itu ia mampu bermain di 24 laga, mencetak 2 gol, dan 1 assist di semua kompetisi. 

Famalicao yang tidak memperpanjang kontrak Calvin akhirnya melepas sang pemain ke NEC Nijmegen dengan status bebas transfer di musim 2022/2023. 

Namun, di musim keduanya bersama NEC Nijmegen Calvin hanya mampu main di 17 laga semua kompetisi. Eks pemain Feyenoord itu sempat mengalami cedera yang menyebabkannya absen di 10 laga Eredivisie 2022/2023. 

Sedangkan di musim 2023/2024, menurut transfermarkt pemain bernomor punggung 24 di NEC Nijmegen ini telah bermain di 40 laga semua kompetisi. Termasuk 1 laga di Liga Konferensi Eropa kontra Go Ahead Eagles yang berkesudahan kekalahan untuk timnya, 1-2. 

Calvin selalu menjadi pilihan utama di posisi bek kiri skuad asuhan Rogier Meijer. Di tabel akhir klasemen Eredivise 2023/2024, NEC Nijmegen finish di peringkat ke-6 dengan mengoleksi 53 poin hasil dari 14 kali menang, 11 kali seri, dan 9 kali kalah dari 34 laga. 

Perjalanan Karier Calvin Verdonk di Level Timnas 

Di level internasional, Calvin tercatat sempat membela Timnas Belanda kelompok umur U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21. Ternyata dirinya sempat membawa Die Oranje U-17 melangkah hingga babak final EURO U-17 2014. Akan tetapi, di laga itu ia dan timnya harus kalah dari Inggris lewat adu penalti 2-5. 

Meski sempat beberapa kali tampil di Timnas Belanda kelompok umur, hingga saat ini Calvin belum sama sekali dipanggil untuk memperkuat Timnas Belanda senior. Dirinya masih kalah saing dengan bek sayap top lainnya, macam Daley Blind maupun Denzel Dumfries. 

Demikian ulasan mengenai biodata dan agama Calvin Verdonk. Semoga bermanfaat!

Editor : Komaruddin Bagja

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *