Biaya Kuliah Kedokteran Gigi Universitas Moestopo 2024

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) atau Universitas Moestopo membuka pendaftaran seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mandiri Gelombang ke-5 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Pendaftaran dibuka mulai Minggu, 21 April hingga Kamis, 23 Mei 2024. 

Total sebanyak 50 kuota mahasiswa baru yang disediakan untuk program sarjana (S1) Pendidikan Dokter Gigi pada PMB Mandiri Gelombang ke-5. Para calon mahasiswa baru yang mendaftar selanjutnya akan mengikuti tahap tes potensi akademik yang dilaksanakan pada Jumat, 19 April sampai Kamis, 23 Mei 2024.

Kemudian, calon mahasiswa baru S1 Pendidikan Dokter Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo akan melaksanakan ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT) daring (online) pada Sabtu, 25 Mei 2024, tes wawancara, dan pengumuman kelulusan dilakukan pada Senin, 27 Mei mendatang. 

Pendaftar seleksi PMB Mandiri Gelombang ke-5 FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo tahun akademik 2024/2025 diwajibkan membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp500.000. Biaya yang sudah dibayarkan tersebut tidak dapat dikembalikan. 

Setelah diterima, mahasiswa baru S1 Pendidikan Dokter Gigi diharuskan membayar biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP) pokok sebesar Rp33.600.000 per semester dan BPP sistem kredit semester atau SKS (20 SKS) sebesar Rp6.400.000 per semester. 

Selain itu, mahasiswa baru juga diwajibkan membayar sumbangan biaya pendidikan (SBP) sebesar Rp190.000.000 untuk peringkat satu, Rp210.000.000 untuk peringkat dua, Rp230.000.000 untuk peringkat tiga, dan Rp250.000.000 untuk peserta cadangan. SBP dibayarkan sekali saat semester satu. 

Persyaratan

Adapun ketentuan pendaftaran seleksi PMB Mandiri Gelombang ke-5 FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo pada 2024 sebagai berikut:

– Lulusan sekolah menengah atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun 2020-2024.

– Melunasi biaya formulir pendaftaran.

– Wajib mengikuti tes wawancara setelah ujian CBT online.

– Setelah dinyatakan lolos, calon mahasiswa wajib melampirkan surat bebas narkoba, surat sehat, dan surat tidak buta warna. 

Cara Daftar 

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar seleksi PMB Mandiri Gelombang ke-5 FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo pada 2024:

– Kunjungi laman https://pmb.moestopo.ac.id/home.

– Gulir layar hingga menemukan pilihan PMB Mandiri Fakultas Kedokteran Gigi.

– Tekan tombol ‘Daftar’.

Iklan

– Isi data diri, meliputi nama lengkap, jenis kelamin, nomor ponsel, alamat surel (email), tanggal dan tempat lahir, kewarganegaraan, serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), lalu tekan tombol ‘Lanjut’.

– Lengkapi informasi asal sekolah, lalu ketuk ‘Lanjut’.

– Pilih program studi S1 Pendidikan Dokter Gigi.

– Selanjutnya, tekan tombol ‘Daftar Sekarang’.

– Ikuti instruksi yang tertera termasuk mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan dan membayar biaya pendaftaran seleksi PMB Mandiri Gelombang ke-5 FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo tahun akademik 2024/2025. 

Sekilas FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo memiliki visi, yaitu menghasilkan lulusan unggul di bidang akademik dan profesi kedokteran gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, terutama di bidang geriatri dan herbal kedokteran gigi. 

Sementara misi FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo yang diusung, antara lain:

– Menyelenggarakan pendidikan kedokteran gigi untuk pengembangan pengetahuan dan penguasaan teknologi kedokteran gigi serta menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap dan akhlak mulia, beretika, bermutu, dan profesional.

– Menyelenggarakan pendidikan kedokteran gigi dengan penguasaan manajemen pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, terutama geriatri.

– Menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan seni kedokteran gigi secara profesional, terutama geriatri dan herbal.

– Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi, khususnya melalui penelitian, pelatihan dan pengkajian, terutama di bidang geriatri dan herbal.

– Melaksanakan pengabdian sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi kepada masyarakat sebagai perwujudan kepedulian sosial. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Serba-serbi UKT: Landasan Penetapan Besaran UKT di Perguruan Tinggi Negeri

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *