Berwisata Kuliner di India, Ini 5 Destinasi yang Menyajikan Makanan Khas Idul Fitri

  • Share

CANTIKA.COM, Jakarta – Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Fitri 2024 sebagai akhir dari bulan Ramadan. Perayaan penuh semangat kegembiraan dan kemenangan ini juga semarak di India. Namun uniknya masakan yang beragam lezat khas India menjadi bagian istimewa saat Idul Fitri.

Di India ada beberapa kota yang terkenal sebagai pusat kuliner ikonik selama Idul Fitri, seperti dikutip dari laman Times of India. Kota-kota ini bisa menjadi inspirasi destinasi para pecinta kuliner mencicipi hidangan lezat yang menggugah selera dengan warisan kulinernya yang kaya.

1. Lucknow

Lucknow, sering disebut sebagai Kota Nawabs, terkenal dengan masakan Mughlai yang lezat dan tradisi kulinernya yang rumit. Saat Idul Fitri, jalanan Lucknow menjadi semarak dengan aroma kebab, biryani, dan camilan manis. Tunday Kababi di Chowk dan Dastarkhwan di Hazratganj adalah restoran ikonik yang terkenal dengan kebab lezat dan biryani aromatiknya. Sedangkan pasar Aminabad dan Alambagh yang ramai menawarkan beragam manisan tradisional yang menggiurkan seperti sheer khurma dan sevaiyan.

2. Delhi Lama

Old Delhi, dengan jalur labirin dan pesona sejarahnya, identik dengan masakan Mughlai dan kuliner kaki lima yang nikmat.  Selama Idul Fitri, jalur di sekitar Masjid Jama dan Chandni Chowk berubah menjadi pusat kuliner yang ramai, dengan pedagang yang menyajikan hidangan ikonik seperti nihari, kebab, dan phirni.  

Karim’s, salah satu restoran tertua dan paling terkenal di Delhi, menyajikan hidangan Mughlai lezat yang telah teruji oleh waktu. Sementara Gali Kababian di Ballimaran adalah surga bagi pecinta kebab yang mencari cita rasa autentik.

3. Hyderabad

Perayaan Idul Fitri di Hyderabad tidak lengkap tanpa menikmati biryani legendaris kota ini. Biryani yang khas di kota ini nasinya yang harum, dagingnya yang empuk, dan rempah-rempahnya yang nikmat. Mulai dari biryani Hyderabad yang ikonik hingga biryani dum tradisional, kota ini memiliki semuanya. Makanan lain yang khas saat Idul Fitri adalah haleem, sup kaya rasa dan lezat yang terbuat dari daging, lentil, dan rempah-rempah. Srinagar: Kenikmatan Kashmir

4. Srinagar

Kota ini terkenal karena keindahan pemandangannya dan masakan Kashmir yang lezat. Selama Idul Fitri, jalan-jalan di Srinagar dihiasi dengan aroma wazwan, pesta tradisional multi-hidangan yang identik dengan keramahtamahan Kashmir.

Hidangan Wazwan seperti rogan josh, yakhni, dan kebab disiapkan dengan cermat dan disajikan dengan nasi yang mengandung kunyit, memberikan pengalaman kuliner mewah yang mencerminkan kekayaan warisan budaya wilayah tersebut.

5. Mumbai

Idul Fitri di Mumbai dirayakan dengan beragam komunitas dan cita rasa dari seluruh India dan sekitarnya. Salah satunya Mohammed Ali Road dan Bohri Mohalla terkenal dengan kedai makanan dan tempat makannya yang ramai. Kedai ini menyajikan beragam hidangan lezat, termasuk kebab lezat, biryani yang kaya rasa, dan makanan penutup mewah seperti malpua dan sheer khurma.

Itulah 5 destinasi di India yang menyajikan makanan khas Idul Fitri India yang unik.

Pilihan Editor: Libur Lebaran, Berikut 5 Tempat Wisata Air di Bandung

YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *