Bertekad untuk Jujur, Ini Rahasia di Balik Album Fortuna Milik BAALE

  • Share

BAALE(MI/Eve Candela F)

IQBAAL Ramadan, yang menggunakan nama panggung BAALE, baru saja merilis album solo pertamanya bertajuk Fortuna. Lewat album itu, BAALE ingin menunjukkan sisi dirinya yang berusaha jujur. Ia mencoba menciptakan sesuatu tanpa harus mengkhawatirkan tren pasar.

“Gua bertekad untuk mencoba jujur, berkarya sebagai seorang remaja, sebagai seorang musisi muda, bertransformasi, yang tidak terlalu melihat pasar,” kata BAALE saat jumpa pers di Kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (29/5).

BAALE juga mengungkapkan proyek itu merupakan proyek yang nekat, namun merupakan proyek yang jujur, yang didukung orang-orang terdekatnya. Tujuannya adalah agar bisa mengekspresikan diri dan kembali ke industri musik Indonesia.

Baca juga : Rilis Album Perdana, Ini Alasan Iqbaal Ramadhan Menggunakan Nama Baru BAALE

“Kembali ke dunia musik itu rasanya ada keinginan untuk benar-benar bisa jujur terhadap diri sendiri. Jujur tanpa ada ekspektasi atau berdialog dengan orang-orang. Itulah gua pengen bersenang-senang, dan pengen berekspresi sendiri,” ungkap BAALE.

Album Fortuna menandai debut dari proyek solo BAALE sekaligus menjadi kembalinya dirinya ke industri musik tanah air. Album ini berisi 11 lagu bernuansa musik pop 90-an, yang diciptakan sesuai keinginan BAALE yang sudah lama.

“Di album ini, gua cuma ingin mengeluarkan apa yang udah lama gua mau gitu. Gua suka sekali dengan era tersebut dan gua sangat menghargai masa itu. Jadi tidak terlalu memikirkan ke viralan dan engga tau ini akan diterima atau gimana,” ucap BAALE.

Baca juga : Album Paling Langka di Dunia akan Dipamerkan di Australia

Musisi kelahiran 1999 itu juga mengatakan bahwa inspirasinya tidak jauh dari Blur atau band britpop lainnya yang bersinar di era 90-an. 

“Kalau dari gua pribadi ya sebenarnya 90an itu luntur banget. Jadi buat gua pribadi, gua lebih condong 90an UK, masanya britpop gitu. Secara personal, gua yang lebih nikmati bentuk band gitu dan kayaknya kalau gua itu suka ke britpop gitu,” tuturnya.

Selain itu, meskipun  BAALE bersolo karier, ia membuat musik seperti band yang beranggotakan 7 orang. Saat manggung, BAALE akan tampil dalam format band, bukan solo.

Bicara soal manggung , BAALE akan menggelar konser di beberapa kota di Sumatra untuk membawakan album Fortuna. Menurut informasi,  konser ini akan digelar pada Juli mendatang. (Z-1)

 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *