Berikut Produk-Produk yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri

  • Share

Pekerja memproduksi keju di Peternakan Sapi Perah dan Keju Lassy Dairy Farm, di Nagari Lasi, Canduang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.(Antara/Iggoy el Fitra.)

BAKTERI kerap dipandang sebagai pembawa penyakit bagi manusia. Namun, tidak semua bakteri itu berbahaya karena ada sekitar 100 triliun bakteri yang sebagian besar merupakan bakteri baik dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Ini dapat kita pelajari dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Bakteri dalam tubuh kita berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh, mengubah makanan menjadi zat gizi, membuat vitamin B dan K, dan masih banyak lagi gunanya. Bahkan bakteri juga dapat dijadikan sebagai produk bagi manusia.  Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri ialah mentega, keju, mentega, yogurt, dan lain-lain.

Nah kali ini kita akan membahas tentang produk-produk tersebut yang dibuat dengan bantuan bakteri. Seperti apa itu, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Pengertian Anabolisme Proses, Hormon yang Berperan, dan Contoh

Keju 

Keju ialah contoh produk dari susu yang dibuat dengan bantuan bakteri. Dilansir dari Science Learning Hub, bakteri mengubah laktosa (gula yang terkandung dalam susu) menjadi asam laktat dan menurunkan pH susu. 

Hal tersebut membuat pH susu meningkat serta membuat protein kasein di dalamnya menggumpal dan berubah menjadi keju. Bakteri yang digunakan dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis keju yang dibuat. Contoh bakteri yang digunakan dalam pembuatan keju ialah Lactobasillus Helveticus, Brevibacterium linens, dan Sterptococcus thermophilus.

Baca juga: Nama Fase Bulan dan Penjelasannya

Yogurt 

Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri ialah yogurt. Yogurt merupakan produk susu yang mengalami fermentasi. Proses pembuatan yogurt dibantu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Susu steril diinkubasi dengan kedua bakteri tersebut selama tiga jam dan dihasilkan asam laktat yang membuat yogurt menjadi asam.

Mentega 

Mentega ialah produk olahan susu yang dibuat dengan bantuan bakteri. Krim susu difermentasi dengan bantuan bakteri Streptococcus lactis dan Lactococcus lactis.

Baca juga: Jenis-Jenis Pesawat Sederhana dan Contoh

Asinan   

Asinan merupakan sayuran atau buah yang diawetkan dengan fermentasi asam. Bakteri yang digunakan untuk memproduksi asinan adalah Lactobacilus sp., Streptococcus sp., dan Pediococcus.

Nama lain dari asinan sayur yaitu acar. Asinan juga memiliki manfaat bagi tubuh di antaranya meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan mata, kaya vitamin dan mineral.

Baca juga: Fungsi Ribosom pada Sel Tumbuhan dan Hewan

Terasi

Terasi terbuat dari udang dan ikan yang difermentasi. Terasi ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan sambal. Proses pembuatan terasi ini juga melibatkan bakteri. Bakteri yang terlibat di antaranya Bacillus, Micrococcus, Corynebacterium, dan Flavobacterium.

Nata de coco

Nata de coco adalah produk makanan yang mempunyai tekstur kenyal dan menyerupai gel yang warnanya putih transparan. Makanan yang satu ini dibuat dari air kelapa dengan menggunakan bantuan bakteri Aspergillus soyae.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Geografi dan Contohnya

Kecap

Kecap ialah produk makanan berupa cairan berwarna hitam dan memiliki citarasa yang manis bercampur asin. Kecap dibuat dari kedelai hitam dan memanfaatkan jamur Aspergillus soyae dan Aspergillus wentii.

Tapai

Tapai ialah produk yang terbuat dari umbi-umbian atau beras ketan. Makanan ini melalui proses fermentasi dengan cara menggunakan bantuan dari jamur Saccharomyces cerevisiae. (OL-14)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *