Benarkah Jambu Biji Ampuh Sembuhkan DBD Simak Penjelasannya

  • Share

Banyak yang menyarankan jambu biji untuk meningkatkan trombosit. Tapi apakah benar jambi biji ampuh menyembuhkan DBD?(Dok.MI)

DEMAM berdarah dengue (DBD) terjadi karena virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini umum terjadi di daerah tropis dan subtropis seperti Indonesia. 

Orang yang terinfeksi virus dengue sering kali mengalami gejala demam tinggi, ruam, nyeri otot, dan sendi. Jika tidak segera diobati, penyakit demam berdarah akan menyebabkan pendarahan hebat dan tekanan darah rendah.

Di Indonesia, ketika seseorang sedang terjangkit penyakit demam berdarah, banyak yang menyarankan mengonsumsi jambu biji. Pasalnya demam berdarah membuat jumlah trombosit pasien turun, kebanyakan orang percaya jambu biji efektif dalam mengatasi masalah ini.

Baca juga : Jus Jambu Biji Ampuh Naikkan Trombosit Saat DBD, Fakta atau Mitos?

Benarkah Jambu Biji Mampu Mengobati DBD?

Seorang Profesor Ilmu Kesehatan Anak, FKUI-RSCM Prof DR Dr Sri Rejeki menyebutkan jus jambu biji kurang bermanfaat untuk menaikkan trombosit pada penderita DBD. Meski demikian, bukan berarti jambu biji tidak bermanfaat untuk mengobati DBD.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jambu biji memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh meningkat, maka trombosit penderita demam berdarah pun berangsur-angsur meningkat. 

Penelitian lain menunjukkan fermentasi jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena jambu biji mengandung serat larut, polifenol, alkaloid, dan flavonoid.

Baca juga : Kasus DBD di Klaten Masih Tinggi, Ada 724 Kasus dan 28 Orang Meninggal

Polifenol dan flavonoid dalam jambu biji diketahui dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membunuh bakteri atau patogen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan jus jambu biji sebagai minuman bagi penderita DBD.

Makanan Sehat untuk Melawan DBD

Selain meminum jus jambu biji, sebaiknya juga mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang dapat membantu meningkatkan stamina tubuh agar jumlah trombosit dapat meningkat secara signifikan. 

Berikut ini beberapa makanan sehat yang cocok dikonsumsi pengidap DBD:

Baca juga : Ternyata Anda Bisa Tertular DBD Berulang Kali

1. Bayam

Bayam merupakan sumber zat besi terbaik dan merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung asam lemak omega-3. Zat besi dan omega-3 adalah kombinasi sempurna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Jeruk

Kebanyakan orang menyukai buah ini. Selain rasanya yang segar, jeruk juga kaya akan antioksidan dan vitamin C.  Vitamin C dan antioksidan dapat mengusir radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia yang terkena demam berdarah.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat melancarkan pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya akibat demam berdarah. Daun pepaya juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh penderita demam berdarah.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K yang membantu regenerasi trombosit darah. Jika jumlah trombosit turun tajam akibat demam berdarah, brokoli adalah solusi untuk mengembalikan jumlah trombosit menjadi normal. Tak hanya memiliki vitamin K, brokoli juga kaya akan antioksidan dan mineral.

5. Buah Delima

Buah delima kaya akan nutrisi dan mineral penting, seperti zat besi, yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi buah delima akan membantu penderita demam berdarah menjaga jumlah trombosit dalam darahnya pada tingkat normal. Delima juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh dan mengurangi rasa lelah. (Z-3)

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *