Begini Cara Menghapus Foto Tidak Penting yang Menumpuk di Google Photos

  • Share

TEMPO.CO, JakartaGoogle Photos hadir sebagai aplikasi menyimpan foto atau video yang memiliki penyimpanan gratis dan tidak terbatas. Meskipun gratis, tetapi ada beberapa ketentuan agar foto atau video tersimpan di Google Photos.

Foto atau video tersebut akan dikompresi ukurannya untuk menghemat ruang dengan batas resolusi foto 16 Megapiksel, sedangkan video sebesar 1080 Piksel. Selain itu, Google Photos yang diakses secara gratis hanya menyediakan ukuran file asli sampai 15 Gigabyte (GB) mencakup penyimpan foto, Gmail, dan dokumen lain di Drive.

Jika ingin melebihi ukuran tersebut, pengguna dapat melakukan upgrade melalui paket berlangganan Google One, mulai dari $1,99 (Rp32.000) per bulan untuk 100GB.

Keterbatasan tersebut yang membuat beberapa pengguna memilih untuk menghapus foto-foto tidak penting. Beberapa foto tidak penting kerap menumpuk di Google Photos lantaran tersimpan otomatis dari ponsel pengguna. Akibatnya, tidak sedikit pengguna memilih menghapus foto-foto yang menumpuk di Google Photos tersebut.

Namun, sebelum menghapus foto-foto dari Google Photos, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: 

  • Foto atau video yang terhapus dari Google Photos akan terhapus juga dari ponsel, album Google Photos, album bersama, dan penyimpanan lokal.
  • Foto atau video yang akan dihapus tidak otomatis terhapus dari Blogger, Drive, Gmail, dan YouTube.

Iklan

Berikut adalah langkah-langkah menghapus foto atau video dari Google Photos:

  1. Buka aplikasi Google Photos di ponsel;
  2. Setelah itu, masuk ke akun Google;
  3. Kemudian, ketuk dan tahan foto atau video yang ingin dipindahkan ke sampah atau dihapus; dan
  4. Selanjutnya, pilih “Delete” atau “Hapus”.  

Beberapa foto atau video yang terhapus dapat menghemat ruang penyimpanan di Google Photos. Foto atau video yang terhapus dari Google Photos juga akan dicadangkan terlebih dahulu dalam menu “Trash” atau “Sampah” selama 60 hari.

BUSINESS INSIDER | SUPPORT GOOGLE

Pilihan Editor: Google Photos Versi Web Mendapat Pembaruan, Ini Detailnya

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *