banner 728x250

Begini Cara Cek Kondisi Mobil 'Siap Gas' Buat Mudik

  • Share
banner 468x60

Mesin Chery Tiggo 7 Pro. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Jelang seminggu lagi sampai hari raya Idulfitri 2024 tiba. Buat yang berencana mudik pakai mobil pribadi, berikut cara cek dengan cepat agar kendaraan yang dipakai tetap prima selama perjalanan.

Example 300x600

Head of After Sales PT Chery Sales Indonesia (CSI) Reza Deniar menjelaskan, langkah pertama yang bisa diperhatikan adalah memeriksa kadar oli mesin melalui dip stick.

"Cabut dahulu stiknya, lalu bersihkan noda oli yang di ujung stiknya. Masukkan kembali hingga terkunci, nyalakan mesin beberapa saat. Nanti cabut lagi dip stick-nya dan lihat itu noda olinya harus berada di antara tulisan MAX dan MIN," buka Reza ditemui di Bogor, Jawa Berat akhir pekan lalu.

Masih berhubungan dengan cairan, dirinya menyarankan pengguna juga ikut melihat volume coolant hingga minyak rem pada tabung reservoir. Pastikan sesuai dengan anjuran pabrikan.

Ilustrasi Minyak Rem Foto: dok. Bluestar.com

"Pengguna mobil bisa memeriksa ketinggian cairan pendingin atau coolant itu jangan sampai di bawah tulisan atau garis MIN atau minimum. Kemudian, cek cairan minyak rem itu sama jangan sampai di bawah garis minimum," imbuhnya.

Reza bilang, apabila kadar cairan atau pelumas di bawah rekomendasi pabrikan, sebenarnya pemilik dapat menambahkannya sendiri. Namun, bila ragu bisa menyambangi bengkel resmi atau posko mudik terdekat.

com-Ilustrasi memeriksa ban mobil. Foto: Shutterstock

"Lalu perhatikan juga kondisi karet wiper depan dan belakang, terutama saat ini masih masa musim hujan. Kemudian juga lampu-lampu coba dicek kembali, pastikan semuanya bisa menyala," jelasnya.

Bagian kaki-kaki jangan sampai luput, periksa kembali kondisi angin ban sesuai dengan tabel tekanan udara yang sudah diberikan pabrikan. Mudahnya, pemilik dapat melihat tabel tekanan udara tersebut di balik pintu depan pengemudi.

"Terakhir pastikan lampu indikator pada bagian dasbor tidak menyala ketika mesin dihidupkan. Kalau menyala kan artinya ada indikasi masalah pada bagian tertentu, paling mudah ke bengkel resmi saja untuk pemeriksaan awal," pungkas Reza.

***

Source link

banner 325x300
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *