Balon Gubernur Jabar, Ilham Akbar Habibie Susuri RW, Kunjungi Pengelolaan Sampah Mandiri

  • Share

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ilham Akbar Habibie menggelar silaturahmi dengan warga di Kota Bandung(DOK/NASDEM)

BAKAL calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Nasdem, Ilham Akbar Habibie mengunjungi tempat pengelolaan sampah Mandiri, di RW 02, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Kamis (4/7).

Di lokasi, dia melihat upaya warga mengelola sampah organik dan anorganik menjadi barang bermanfaat.

“Saya kira solusi yang telah dicontohkan di sini menjadi bagian dari kampung iklim. Itu sangat bagus dan memberikan gambaran bagaimana kita bisa lebih memanfaatkan sampah yang ada sekaligus memberdayakan ekonomi setempat,” ujar Ilham.

Baca juga : Kota Bandung Sediakan Layanan Angkutan Sampah Volume Besar secara Gratis

Salah satunya, kata dia, pengolahan sampah yang efektif dilakukan adalah dengan menggunakan magot untuk mengurai sampah organik menjadi pupuk kompos.

“Jelas ini ada nilai tambah. Di Bandung ada lima ribu RW, tapi belum semua menjalankan program seperti ini. Saya kira harus lebih banyak lagi RW dan di daerah lain menjalankan program seperti ini,” ucapnya.

Menurut Ilham, jika di kabupaten dan kota lain di Jawa Barat dapat melakukan hal serupa dalam pengelolaan sampah, maka pada 2060 Jabar bisa berkontribusi lebih dalam net zero emission.

“Ini kan namanya kampung iklim. Kita sebagai bangsa memiliki komitmen pada 2060 net zero emission, sudah tidak ada emisi lagi, termasuk sampah juga harus kita kelola dengan baik,” tandasnya.

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *