Bacaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Tahajud, Yuk Amalkan agar Cepat Diijabah

  • Share

JAKARTA, iNews.idDzikir dan doa setelah sholat Tahajud agar cepat diijabah penting muslim ketahui dan amalkan. Dalam sejumlah hadits disebutkan waktu mustajab berdoa salah satunya di pertengahan malam saat sholat tahajud.

Dzikir atau dzikrullah secara etimologi dapat diartikan sebagai aktivitas untuk mengingat Allah. Adapun menurut istilah fiqh, dzikrullah sering dimaknai sebagi amal qauliyah melalui bacaan-bacaan tertentu. 

Pada dasarnya, dzikir memilki cakupan makna yang sangat luas karena setiap amalan baik yang dilakukan karena Allah merupakan bagian dari berdzikir kepada-Nya.

Ada banyak dalil perintah untuk berdzikir dalam Al Quran. Salah satunya dalam Surat Al Ahzab ayat 41. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS. Al Ahzab: 41).

Salah satu waktu dzikir agar keinginan dikabulkan adalah setelah melaksanakan sholat tahajud. Sebagaimana diketahui, Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada tengah malam. 

Sholat tahajud juga merupakan waktu mustajab untuk berdoa terutama bagi yang memiliki keinginan atau hajat tertentu. Dahsyatnya dzikir dan doa setelah sholat tahajud ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Umamah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh] Hasan.

Dalam hadits lain disebutkan mengenai dahsyatnya memanjatkan doa di tengah malam setelah sholat tahajud. Pasalnya, doa di waktu tersebut diyakini mustajab.

Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya. (HR Muslim nomor 757).

Lantas, bagaimana bacaan dzikir dan doa setelah menjalankan sholat tahajud? Simak ulasannya berikut ini.

Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud

1. Membaca Istighfar

Dzikir setelah sholat tahajud yang pertama yakni membaca istighfar.

 أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ 

Astaghfirullaahal-Adziim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, Wa Atuubu Ilaiih. (Dibaca sebanyak 3 kali). 

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.

2. Membaca Laa Ilaaha illallah

Dzikir setelah sholat tahajud berikutnya yakni membaca tahlil.

 لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر 

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir

Artinya: Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Editor : Kastolani Marzuki

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *