Asal-usul Turnamen Piala Thomas dan Uber

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Laga Piala Thomas dan Piala Uber berlangsung di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, Cina, sejak 28 April 2024. Piala Thomas dipertandingkan untuk kelompok beregu putra. Piala Uber dipertandingkan untuk kelompok beregu putri. 

Tentang Piala Thomas dan Piala Uber

Dikutip dari BWF Badminton, piala Thomas pertama kali diadakan pada 1949. Nama Thomas diambil dari nama pendiri sekaligus presiden pertama Federasi Bulu Tangkis Internasional (BWF), Sir George Alan Thomas. Semasa hidupnya, ia atlet tenis, bulu tangkis, dan catur. 

Namun prestasi terbaiknya melalui cabang olahraga bulu tangkis, ia menjuarai turnamen All England sebanyak 21 kali. Ia mengusulkan untuk membuat kejuaraan bulu tangkis beregu putra pada 1939, tepatnya lima tahun setelah berdiri BWF. Tetapi ide itu gagal terlaksana karena Perang Dunia II.

Pada 1946 BWF menggelar rapat dewan untuk merencanakan perhelatan kejuaraan yang akan diadakan pada 1948-1949. Dari rapat tersebut diadakan laga Piala Thomas.

Edisi pertama Piala Thomas dilangsungkan di Preston, Inggris, dengan tiga tim peserta yaitu Malaysia, Amerika Serikat, dan Denmark. Malaysia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Denmark dengan skor 8-1 di partai final. 

Awalnya, ajang turnamen ini dilaksanakan tiga tahun sekali. Pada 1982 sampai sekarang, turnamen Piala Thomas dan Uber diadakan dua tahun sekali.

Iklan

Setelah Piala Thomas untuk regu putra, delapan tahun kemudian dibuat Piala Uber untuk regu perempuan pada 1957. Nama Uber diambil dari nama pebulu tangkis legendaris asal Inggris yang aktif pada era 1930-an, Betty Uber.

Format final Piala Uber mengalami beberapa kali perubahan format. Sejak 1984 sampai sekarang format final Piala Uber lima nomor yang dimainkan langsung, yaitu tiga nomor tunggal dan dua nomor ganda, bersama dengan Piala Thomas.

Negara pertama yang menjuarai Piala Uber adalah Amerika Serikat. Kemenangan tersebut didapat setelah mengalahkan Denmark di pertandingan final.

Piala Thomas dan Piala Uber mulai dijadikan satu pelaksanaannya pada 1984, karena berbagai pertimbangan, salah satunya agar para atlet dari semua kalangan bisa mendapat hak dan kesempatan yang sama untuk bermain di level internasional.

Pilihan Editor: Hasil Piala Thomas 2024: Anthony Sinisuka Ginting Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Korea Selatan

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *