Artis Bollywood Raama Mehra Terjerat Kasus Penyelundupan Hewan Langka di Indonesia, Ini Profilnya

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Produser dan artis Bollywood Raama Mehra ditangkap petugas keamanan Bandara Soekarno-Hatta dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta untuk dugaan penyelundupan hewan langka dalam koper. Penangkapan Raama berawal dari kecurigaan terhadap hasil citra sinar X koper penumpang miliknya.

“Barang itu tercatat sebagai bagasi pesawat Indigo Air nomor penerbangan (6E 1602) tujuan Mumbai, India,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, pada 4 Juli 2024.

Setelah itu, petugas menyita koper dan memanggil Raama yang sudah berada di boarding room untuk diperiksa dan menyaksikan pembongkaran barang bawaannya. Saat dibongkar, koper tersebut berisi satu ekor burung cenderawasih kuning kecil, satu ekor burung cendrawasih botak Papua, dan satu ekor berang-berang cakar kecil Albino. Hewan-hewan ini disamarkan dengan berbagai macam makanan, baju, tas tangan, dan mainan anak. 

Tersangka penyelundupan satwa langka, aktor Film Bollywood Raama Mehra, 56 tahun, Senin, 4 Juli 2024. FOTO:AYU CIPTA I TEMPO

Kasus penyelundupan hewan langka ini telah dinaikan statusnya ke tahap penyidikan dan petugas telah menetapkan Raama sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran tindak pidana kepabeanan pasal 102A Undang-Undang Nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan. 

Menurut Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno-Hatta, Zaky Firmansyah, berdasarkan keterangan awal, Raama mengaku berprofesi sebagai aktor dan produser film Bollywood.

Tak hanya aktor dan produser, Raama Mehra juga telah berkontribusi sebagai kru tambahan dan asisten sutradara dalam beberapa film India. Adapun, film-film yang pernah melibatkan Raama sebagai berikut.

Yaar Gaddar (1995)

Berdasarkan Imdb, Yaar Gaddar karya Umesh Mehra menceritakan geng kriminal terkenal yang menciptakan keretakan dua bersaudara dari inspektur polisi senior, Shanker Verma dan Jai Verma. Keraguan ini semakin terwujud ketika Shanker harus menangkap Jai atas berbagai kejahatan termasuk merampok bank dan membunuh anggota geng serta tokoh masyarakat. Semua bukti relevan dari kejahatan tersebut mengarah ke Jai. Pada film ini, Raama berkontribusi sebagai pemain yang berperan menjadi teman Jai Verma. Sementara itu, dua tokoh utama film ini dibintangi Saif Ali Khan dan Mithun Chakraborty.

Dance Party (1995)

Film ini mengisahkan tentang Sweety Sharma menjalani gaya hidup yang nyaman bersama ibu dan ayahnya, Kolonel S.K. Sharma. Ia gemar menari dan mendatangi undangan pesta dansa oleh Rocky yang berjuang melawan narkoba. Lalu, ia bertemu dengan Sanjay, putra pengusaha Rajaram dan saling jatuh cinta. Mereka menghadiri pesta bersama, tetapi Sweety melihat sifat asli Sanjay yang mabuk dan genit. Sweet langsung meninggalkan dan memberikan balasan untuk Sanjay melalui caranya. Adapun, pemeran film karya Deepak Balraj Vij ini adalah Aarti Nagpal, Raman Trikha, dan Raama Mehra.

Keep Safe Distance (2019)

Film ini mengangkat kisah perempuan, Sonia yang kehilangan keluarganya akibat banjir di Assam. Keadaan ini membuatnya pindah ke Mumbai dan menjadi perempuan panggilan terkenal dengan julukan Sonia ATM. Lalu, ia bertemu ACP Vijay Suryavanshi yang sedang mencari dunia bawah tanah Don Salim Sultan. Ia mengaku bahwa dirinya kenal kepada Don Salim.

ACP Vijay pun menyuruh Sonia menangkap Don Salim. Jika Sonia berhasil, akan dinikahi ACP Vijay. Film garapan sutradara dan penulis Raama Mehra ini dibintangi oleh Sagarika Neha, Jai Yadav, dan Shahbaaz Khan.

RACHEL FARAHDIBA R  | AYU CIPTA

Pilihan Editor: Artis Bollywood Diduga Selundupkan Cenderawasih ke India, Ini Pasal yang Dilanggar dan Sanksinya

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *