Apa Saja Layanan yang Ada di GovTech INA Digital yang Baru Diluncurkan Presiden Jokowi?

  • Share

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meluncurkan sistem pelayanan masyarakat terpadu bernama GovTech INA Digital dalam acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin lalu, 27 Mei 2024.

Jokowi berharap kesederhanaan dalam pelayanan ini berdampak positif bagi masyarakat. Peluncuran ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan publik melalui teknologi digital. “Kita harus memperkuat digital public infrastructure kita,” kata Jokowi. 

Dikutip dari situs resmi INA Digital, berikut ini adalah sepuluh layanan unggulan yang tersedia di INA Digital:

1. Administrasi Pemerintahan

SmartASN adalah portal terpadu untuk semua kebutuhan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan akses Single Sign On (SSO). Layanan ini akan diintegrasikan dengan Portal Nasional, memungkinkan ASN untuk mengelola berbagai aspek pekerjaan mereka dalam satu platform yang efisien dan mudah diakses.

2. Pelayanan Publik

Portal Pelayanan Publik menawarkan semua layanan yang mudah diakses untuk berbagai kebutuhan masyarakat dalam satu platform. Layanan ini dirancang untuk menyederhanakan interaksi masyarakat dengan berbagai instansi pemerintah, memastikan akses yang cepat dan mudah ke berbagai layanan publik.

3. Kesehatan

SATUSEHAT adalah ekosistem digital kesehatan nasional yang mengintegrasikan data dan layanan kesehatan. Dengan SATUSEHAT, masyarakat dapat mengakses informasi medis dan layanan kesehatan lainnya melalui satu portal yang terintegrasi dengan Portal Pelayanan Publik.

4. Identitas Digital

Layanan Identitas Digital memungkinkan masyarakat mengakses berbagai layanan digital dengan satu identitas yang terintegrasi dan terpercaya. Identitas digital ini akan mempermudah proses autentikasi dan otorisasi, serta memastikan keamanan data pribadi pengguna, yang akan diintegrasikan dengan Portal Pelayanan Publik.

5. Pendidikan

Layanan Pendidikan menyediakan akses mudah ke sumber belajar, pendaftaran sekolah, dan informasi beasiswa, mendukung setiap tahap pendidikan anak. Dengan integrasi ke Portal Pelayanan Publik, layanan ini memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Iklan

6. Kependudukan

Layanan Kependudukan mempermudah masyarakat dalam memperbarui data kependudukan, mengajukan dokumen penting seperti KTP dan KK, serta mengakses berbagai layanan terkait kependudukan lainnya. Integrasi dengan Portal Pelayanan Publik memastikan layanan ini mudah diakses oleh semua warga negara.

7. Pembayaran Digital

Layanan Pembayaran Digital menawarkan kemudahan dalam transaksi keuangan pemerintah, pembayaran pajak, dan pengelolaan dana publik. Dengan sistem yang terintegrasi ke Portal Pelayanan Publik, masyarakat dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan transparan.

8. Pertukaran Data

Layanan Pertukaran Data mengintegrasikan dan menyederhanakan pengelolaan serta penggunaan data yang akurat, transparan, dan akuntabel oleh aparatur negara dan masyarakat. Layanan ini memastikan data dapat diakses dengan mudah dan digunakan untuk berbagai keperluan pemerintahan dan publik.

9. Kepolisian

Layanan Kepolisian memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai kebutuhan terkait kepolisian, mulai dari perizinan keramaian hingga pengurusan SIM dan STNK. Dengan integrasi ke Portal Pelayanan Publik, masyarakat dapat mengakses layanan kepolisian dengan lebih efisien dan tanpa hambatan.

10. Bantuan Sosial

Layanan Bantuan Sosial mempermudah masyarakat dalam mengakses program bantuan sosial dan subsidi. Integrasi dengan Portal Pelayanan Publik memastikan bahwa bantuan sosial dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan dengan proses yang lebih mudah dan cepat.

DANIEL A. FAJRI

Pilihan Editor: Peresmian INA Digital, Jokowi Sindir Kementerian Berorientasi Proyek

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *