Apa Janji Keir Starmer Usai Partai Buruh Menang Pemilu Inggris?

  • Share

TEMPO.CO, JakartaKeir Starmer menjadi perdana menteri Inggris, menggantikan Rishi Sunak , setelah kemenangan telak Partai Buruh dalam pemilihan umum Inggris pada Kamis, 4 Juli 2024.

Kemenangan Partai Buruh ini mengakhiri 14 tahun pemerintahan Konservatif yang seringkali penuh gejolak dengan mengalahkan partai Rishi Sunak.

Keir Starmer akan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya dengan Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah diperkirakan akan memenangkan mayoritas besar dalam pemilihan parlemen. Hasil pemilu itu sekaligus mengubah politik Inggris. 

Dikutip dari Antara, seruan yang ditampilkan pada hari pemilu Inggris Raya pada 4 Juli 2024 itu juga seiring dengan hasil dari exit poll (atau survei ke pemilih setelah mencoblos di TPS) yang menunjukkan kemenangan telak akan diraih Partai Buruh.

Partai Buruh memenangkan lebih dari 410 kursi, meningkat 211 kursi, sementara Partai Konservatif, partai paling sukses di dunia barat, kehilangan 250 anggota parlemen, termasuk sejumlah menteri senior dan mantan Perdana Menteri Liz Truss.

Partai Konservatif yang dipimpin Sunak mengalami kinerja terburuk dalam sejarah panjang partai tersebut karena para pemilih menghukum mereka karena krisis biaya hidup, kegagalan layanan publik, dan serangkaian skandal.

Janji Keir Starmer untuk Perubahan Inggris

Perdana Menteri baru Inggris Keir Starmer berjanji untuk menggunakan mayoritas besarnya dalam pemilu untuk membangun kembali negaranya. Ia ingin menghilangkan panasnya politik setelah bertahun-tahun penuh gejolak dan perselisihan.

Berdiri di luar kantor dan kediaman barunya di Jalan Downing Nomor 10, Starmer mengakui besarnya tantangan yang dihadapi setelah kemenangan telak partainya dalam pemilihan parlemen mengakhiri 14 tahun pemerintahan Konservatif yang penuh gejolak.

Dia memperingatkan bahwa perbaikan apa pun akan membutuhkan waktu, dan pertama-tama dia perlu membangun kembali kepercayaan terhadap politik. “Kurangnya kepercayaan ini hanya bisa disembuhkan dengan tindakan, bukan kata-kata. Saya tahu itu,” ujarnya,  Jumat, 5 Juli 2024, .

Iklan

“Anda memilih Partai Buruh atau tidak, pada kenyataannya, terutama jika Anda tidak memilihnya, saya katakan secara langsung kepada Anda – Pemerintahan saya akan melayani Anda. Politik dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan. Kami akan menunjukkan hal itu.”

Starmer disambut dengan sorak-sorai yang meriah dan meluangkan waktu sebelum menyampaikan pidatonya untuk berjabat tangan dan memeluk para pembantu dan simpatisan yang berjajar di Downing Street – pemandangan yang mengingatkan pada kedatangan pendahulu Partai Buruh Tony Blair di pemerintahan pada 1997.

Sambil berdiri di belakang mimbar, dia mengatakan dia memahami bahwa banyak warga Inggris yang kecewa dengan politik setelah bertahun-tahun skandal dan kekacauan di bawah Partai Konservatif, yang ditolak mentah-mentah dalam pemilu Kamis, 4 Juli 2024 dan menderita kekalahan bersejarah.

Starmer mengatakan penolakan tersebut menandakan bahwa Inggris siap untuk melakukan perubahan: “Karena betapa pun dahsyatnya badai dalam sejarah, salah satu kekuatan besar bangsa ini adalah kemampuan kita untuk menavigasi ke perairan yang lebih tenang.”

Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah memenangkan mayoritas besar di parlemen dengan 650 kursi, yang mendorong pengunduran diri Rishi Sunak pada Jumat pagi, sebelum Starmer pergi menemui Raja Charles dan secara resmi diangkat menjadi perdana menteri.

Keir Starmer berjanji akan berjuang setiap hari untuk membangun kembali kepercayaan. Ia mengatakan bahwa Inggris akan memiliki “pemerintahan yang tidak terbebani oleh doktrin”, menggarisbawahi sesuatu yang telah dia ulangi selama kampanye – bahwa dia akan mengutamakan negara, partai kedua.

“Untuk menentang, secara diam-diam, mereka yang telah mengabaikan negara kami. Anda telah memberi kami mandat yang jelas, dan kami akan menggunakannya untuk mewujudkan perubahan.”

KAKAK INDRA PURNAMA | IDA ROSDALINA | ANTARA
Pilihan editor: Mengapa Partai Buruh Bisa Menang Besar Atas Partai Konservatif yang Berkuasa 14 Tahun

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *