Apa itu Perpustakaan Ini Jenis-jenisnya yang Ada di Indonesia

  • Share

Pengunjung membaca buku di Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jawa Barat.(Dok. Antara)

PERPUSTAKAAN merupakan simbol ilmu pengetahuan yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari perpustakaan umum yang menjangkau seluruh masyarakat dengan koleksi buku dan media lainnya, hingga perpustakaan universitas yang menyediakan sumber daya luar biasa untuk penelitian ilmiah.

Jadi apa itu perpustakaan? Apa saja jenis perpustakaan?

Menurut UndangUndang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab I Pasal 1 disebutkan bahwa perpustakaan adalah suatu lembaga yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, yang mengelolanya dengan cara tertentu untuk memenuhi kebutuhan intelektualitas penggunanya melalui berbagai cara untuk saling berinteraksi dengan pengetahuan.

Baca juga : 7 Juli Hari Pustakawan Indonesia, Simak Sejarah dan Penjelasan tentang Tugasnya Penjelasannya

Sementara dalam pengertian tradisional, perpustakaan adalah kumpulan buku dan majalah. Meskipun dapat dipahami sebagai koleksi pribadi seseorang, perpustakaan seringkali dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang disponsori dan dikelola oleh suatu kota atau institusi, dan digunakan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya pribadi.

Di samping itu, perpustakaan juga dapat dipahami sebagai tempat berkumpulnya informasi yang bersifat ilmiah, hiburan, relaksasi dan ibadah yang merupakan kebutuhan esensial manusia.

Jenis-Jenis Perpustakaan

1. Perpustakaan Sekolah

Anda pasti pernah mengunjungi perpustakaan jenis ini. Jika ada yang belum pernah ke perpustakaan sekolah, sayang sekali. Dibandingkan perpustakaan nasional, perpustakaan sekolah jelas tidak memiliki koleksi yang lengkap seperti perpustakaan nasional. Meski begitu, koleksi di sana tentu tak kalah menarik.

Baca juga : Mengenal Tokoh Pustakawan Indonesia dan Luar Negeri

Perpustakaan sekolah semakin banyak. Karena setiap sekolah mempunyai perpustakaannya masing-masing. Mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) bahkan perguruan tinggi harus memiliki perpustakaan sendiri.

Keberadaan perpustakaan sekolah hanyalah sebagai sarana untuk belajar mengajar, menyediakan bahan bacaan yang berkaitan dengan dunia pendidikan sekaligus sebagai wadah hiburan.

2. Perpustakaan Perguruan Tinggi

Jenis perpustakaan lainnya adalah perpustakaan Perguruan tinggi. Jika di perpustakaan sekolah, sekolah hanya memiliki satu perpustakaan, namun sedikit berbeda dengan perpustakaan perguruan tinggi.

Baca juga : Inovatif dan Kreatif, Kapasitas Pustakawan dalam Pelayanan Perpustakaan

Setiap perguruan tinggi memang mempunyai kemampuan dan kapasitas yang berbeda-beda. Jika tempatnya kecil, mungkin hanya memiliki satu perpustakaan. Tapi kalau universitasnya besar, biasanya memiliki banyak perpustakaan.

Walaupun setiap perguruan tinggi mempunyai jenis perpustakaan yang berbeda-beda, pada prinsipnya keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi sangatlah penting, yaitu melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pendidikan.

3. Badan Perpustakaan Daerah

Perpustakaan daerah jumlahnya lebih sedikit dibandingkan perpustakaan sekolah atau perguruan tinggi. Sebagai perpustakaan daerah, perpustakaan ini diurus oleh masing-masing pemerintah daerah.

Baca juga : Komisi X DPR RI Setujui Pagu Indikatif Perpusnas Sebesar Rp721,1 Miliar

4. Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang terbuka untuk umum. Bahkan perpustakaan daerah juga masuk dalam daftar perpustakaan untuk umum, hanya saja secara regulasi perpustakaan daerah dikelola oleh pemerintah daerah.

Sedangkan dalam hal ini perpustakaan umum adalah perpustakaan yang dimaksudkan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat umum. Karena ada juga perpustakaan yang tidak bersifat umum, sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya.

5. Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus merupakan jenis perpustakaan yang masih dikelola oleh pemerintah dan swasta. Seperti disebutkan di atas, perpustakaan khusus hanya diperuntukkan bagi orang-orang tertentu. misalnya hanya untuk agensi induk atau yang serupa. Jadi kalau bukan anggota, sulit mengakses buku di sana.

6. Perpustakaan Lembaga Keagamaan

Perpustakaan lembaga keagamaan seperti ini jelas memfokuskan koleksinya pada bidang keagamaan. Dari segi pengelolaannya juga diatur oleh organisasi keagamaan.

Jadi kalau bicara agama, jangan selalu hanya memikirkan Islam saja. Agama lain seperti Kristen, Hindu, Budha, dan Katolik juga ada. Oleh karena itu, bagi yang ingin mempelajari kitab-kitab agama dapat pergi ke perpustakaan lembaga keagamaan.

7. Perpustakaan Internasional

Perpustakaan internasional memahami dengan jelas bahwa konteksnya adalah perpustakaan yang terhubung dengan dunia luar. Karena ini berafiliasi dengan lembaga yang mengelolanya juga merupakan lembaga internasional, maka dari itu koleksi buku yang ada juga berasal dari berbagai negara.

8. Perpustakaan Digital

Jenis perpustakaan yang tak kalah menariknya adalah perpustakaan digital. Mengingat bahwa digital saat ini sedang menguasai dunia. Perpustakaan digital dinilai lebih nyaman dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Inilah sebabnya mengapa perpustakaan ini sangat populer sekarang.

Perpustakaan itu dianggap populer karena berkembangnya sistem pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Anda hanya perlu mengklik salah satu buku dan buku yang diinginkan akan muncul.

9. Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan pribadi atau perpustakaan keluarga merupakan salah satu jenis perpustakaan yang saat ini banyak dimiliki masyarakat di Indonesia. Sebagai perpustakaan pribadi, pengelolaannya jelas diserahkan kepada masing-masing keluarga.

Jadi, apakah Anda termasuk yang memiliki perpustakaan pribadi? Atau Anda ingin memiliki perpustakaan pribadi suatu hari nanti?

(Z-9)

 

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *