Anggota Komisi I DPR Desak Kominfo Segera Selesaikan Gangguan PDN: Jangan Biarkan Berlarut-larut

  • Share

JAKARTA, iNews.id – Anggota Komisi I DPR Helmy Faishal Zaini mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera menyelesaikan masalah gangguan server Pusat Data Nasional (PDN). Masalah ini telah mengganggu pelayanan imigrasi di bandara hingga pelabuhan.

Helmy juga menyayangkan gangguan server PDN Kominfo yang diduga akibat serangan ransomware. 

“Kominfo harus memberikan penjelasan yang jelas dan rinci mengenai penyebab gangguan ini, apakah akibat malfungsi sistem atau serangan siber. Ketidakjelasan ini menimbulkan kekhawatiran dan spekulasi di kalangan masyarakat,” kata Helmy dalam keterangannya, Jumat (28/6/2024). 

Menurut dia, masalah gangguan server PDN tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sistem keamanan PDN seharusnya mampu menangkal serangan siber, mengingat pentingnya data yang dikelola. 

“Transparansi dari pihak Kominfo dalam mengungkapkan langkah-langkah penanganan yang telah dan akan diambil sangat diperlukan. Publik berhak mengetahui kondisi sebenarnya dan upaya yang dilakukan untuk memulihkan situasi,” ucapnya.

Gangguan server PDN, kata dia berpotensi merusak reputasi Indonesia di dunia internasional, terutama wisatawan mancanegara yang membutuhkan layanan imigrasi. Kominfo harus segera mengambil tindakan dan memastikan gangguan serupa tidak terjadi lagi ke depannya.

Selain itu, Kominfo harus memastikan bahwa data yang dikelola PDN tetap aman dan tidak disalahgunakan. Pelanggaran terhadap perlindungan data pribadi dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang serius.

“Kami akan terus mengawasi perkembangan situasi ini dan memastikan Kominfo bertindak sesuai dengan tanggung jawabnya, demi kepentingan publik dan keamanan nasional,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *